PENGARUH PENGGUNAAN SELEBGRAM (CELEBRITY ENDORSER INSTAGRAM) TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE PADA MEDIA INSTAGRAM (Survei Pengguna Aktif Sosial Media Instagram pada Followers Akun @mia_raaa)
DOI:
https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.667Keywords:
Selebgram, Minat Beli Konsumen, InstagramAbstract
ABSTRAK
Â
 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh penggunaan selebgram (celebrity endorser instagram) terhadap minat beli konsumen secara online khususnya pada Followers Akun @mia_raaa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan survey berupa kuesioner, dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Data yang digunakan berupa data primer. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi, koefisien korelasi dan koefisien determinasi melalui bantuan software SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil simpulan sebagai berikut (1) penggunaan selebgram (celebrity endorser Instagram) pada media sosial Instagram yang terdiri dari indikator daya tarik, kepercayaan, dan keahlian sudah berada pada kategori baik; (2) minat beli konsumen secara online pada media Instagram yang terdiri dari indikator informasi, pengalaman, merek, model, dan jaminan sudah berada pada kategori tinggi; dan (3) berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa penggunaan selebgram (celebrity endorser Instagram) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen secara online pada media Instagram.
Kata Kunci : Selebgram, Minat Beli Konsumen, Instagram
Â
ABSTRACT
Â
 This study aims to determine and analyze the effect of using celebrities (celebrity endorser instagram) on consumer buying interest online, especially on followers of the @mia_raaa account. The method used in this research is descriptive quantitative research method using a survey in the form of a questionnaire, with a sample of 100 respondents. The data used are primary data. The data analysis used was regression analysis, correlation coefficient and determination coefficient through the help of SPSS software. Based on the results of research and discussion, the following conclusions can be drawn (1) the use of celebrities (celebrity endorser Instagram) on Instagram social media which consists of indicators of attractiveness, trust, and expertise that are already in a good category; (2) consumer buying interest online on Instagram, which consists of indicators of information, experience, brand, model, and guarantees are in the high category; and (3) based on the results of the study it can be stated that the use of celebrities (celebrity endorser Instagram) has a positive and significant effect on consumer buying interest online on Instagram media.
Â
Keywords: Selebgram, Consumer Purchase Interest, Instagram
References
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchori. 2014 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesepuluh. Bandung: Alfabeta.
Amirullah. 2015 Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
APJII, 2017 Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey Tahun 2017. Jakarta : APJII
Arikunto, Suharsimi. 2014 Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bramantyan, Yan, Bayu. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Jupiter MX di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5, No.3, 2016: 1745-1771
Ferdinand, A. 2014 Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Undip.
Ghozali, Imam. 2011 Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafisa, Dinda, Yulia. 2018. Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Halal Wardah (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia). Jurnal Skripsi Universitas Islam Indonesia. http://dspace.uii.ac.id./bitstream/handle/123456789/ 6364/jurnal, diakses 15 April 2019
Hidayat, Andi. 2012 Teori Efektivitas Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Kasali, R. 2010 Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting dan Positioning. Cetakan Keenam Edisi Dua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip & Keller, K. 2012 Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Cetakan Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks
Kotler, Philip. & Armstrong, G. 2012 Marketing an Introducing Prentice Hall, twelfth edition, England: Pearson Education, Inc.
Lolasary, Femia. 2016 Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Fashion Yang Diiklankan Melalui Twitter. Jurnal Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta.
Malhotra, Naresh, K. 2015 Riset Pemasaran (Pendekatan Terapan). Tejemahan Soleh Rusyadi M. Jakarta : PT. Index Kelompok Gramedia.
Mangkunegara, A.A., Anwar, Prabu. 2011 Manajemen. Cetakan Kedelapan Bandung : Rosdakarya
Marselina, Dian. 2017 Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Brand Image pada Kosmetik Wardah di Bogor. Jurnal Manajemen dan Organisasi, Vol VIII, No 1, April 2017 hal. 15-27 Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor
Mukti, Baskoro, Ndaru. 2012 Analisis Pengaruh Iklan dan Celebrity Endorser terhadap Citra Merek dalam Meningkatkan Minat Beli pada produk sepatu Olahraga Adidas. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro.
Nababan, Marsya, Desyen. 2011 Pengaruh Selebriti Pendukung (Celebrity Endorser) Gita Gutawa terhadap Minat Beli Indomie. Jurnal Skripsi Universitas Medan.
Nazir, Moch. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
Pontoh, Yusan, Garamo. 2016 Pengaruh Celebrity Endorser (Pevita Pearce) terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Garnier BB Cream di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung Skripsi Universitas Lampung
Probowo, Yanuar, Widi. 2014 Pengaruh Celebrity Endorser terhadap minat Beli dalam 9 Survey pada Pengunjung 3Second Store di Malang Universitas Brawijaya Malang, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.14, No.2, 2014.
Pratiwi, Andi, Lina. 2016 Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah & Komunikasi) Skripsi UIN Alaudin Makasar.
Rangkuti, Freddy. 2014 Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Riduwan dan Sunarto 2013 Penantar Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabetha.
Ristiani, Mirta. 2016 Pengaruh Celebrity Endorser (Raisa Andriana) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Es Krim Magnum di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Universitas Lampung.
Salha, Mutiara. 2016 Apasih Selebgram Itu. http://www.kompasiana.com/ mutiarasahla/586e1735597736e135e443a0/apa-selegram-itu., diakses 02 Juni 2019
Saladin, Djaslim. 2013 Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung : Lindakarya.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. 2010. Perilaku Konsumen (edisi7). Jakarta: Prentice Hall.
Sertoglu, R., Hague, Paul., Jackson, P.. 2014 Riset Pemasaran Dalam Praktik. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
Shimp, Terence, A, 2013 Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 1, Alih Bahasa Revyani Sjahrial dan Anikasari. Jakarta: PT. Erlangga.
Stephanie, Elizabteh 2013. Analisis pengaruh Rio Dewanto dan Donita sebagai celebrity endorser terhadap minat beli produk AXE ANARCHY dengan daya tarik iklan dan efek iklan sebagai variabel intervening. Universitas Kristen Petra, Jurnal Manejemen Pemasaran, Vol.1, No.2, 2013, Hal.1-9.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suhandang, K. 2015 Periklanan, Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Nuansa.
Suliyanto, 2014 Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Penerbit Bandung: Remaja Rosdakarya.
Swastha, Bashu. 2011 Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Jakarta: Liberty.
Umar, Husein. 2013. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Widjati, Regina, Naomi 2017 Pengaruh Selebriti dan Selebgram Endorser pada Minat Beli Fashion Online Wanita. Skripsi Universitas Katolik Parahiayangan. http://docplayer.info/94383901/pengaruh-selebriti-dan selebgram-endorser-pada-minat-beli-fashion-online-wanita. diakses 15 April 2019
Wododo, Iwan. 2015 Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda Vario. Jurnal Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Widyawati, Intan, Belly. 2011 Pengaruh celebrity Endorser Anggun C Sasmi Terhadap Minat Beli Konsumen Shampoo Pantene (Studi pada Masyarakat di Semarang Barat) Skripsi Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be transferred to Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER)
This is an open-access journal in accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.
This permits users to:
Share - copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.