ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK DAN STRATEGI MULTI LEVEL MARKRTING (MLM) DENGAN MODEL TUPPERWARE PARTY (survei pada member dan konsumen Tupperware di Kota Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.668Keywords:
Kualitas Produk, Strategi Multi Level Marketing (MLM) dengan Model Tupperware Party, Keputusan PembelianAbstract
ABSTRAK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh Kualitas Produk dan Strategi Multi Level Marketing (MLM) dengan Model Tupperware Party secara simultan dan parsial terhadap Keputusan Pembelian produk Tupperware di Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kausalitas dengan pendekatan survei. Dengan jumlah sampel 100 anggota termasuk konsumen sebagai responden produk Tupperware. Data yang dikumpulkan berupa data primer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, koefisien korelasi dan koefisien determinasi dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Strategi Multi Level Marketing (MLM) dengan Model Tupperware Party secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Secara parsial Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan juga secara parsial Strategi Multi Level Marketing (MLM) dengan Model Tupperware Party berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Â
Kata Kunci: Kualitas Produk, Strategi Multi Level Marketing (MLM) dengan Model Tupperware Party, Keputusan Pembelian
Â
ABSTRACT.
This study aims to determine and analyze the effect of Product Quality and Multi Level Marketing (MLM) Strategy with Tupperware Party Model simultaneously and partially on Tupperware Product Purchasing Decision in Tasikmalaya City. The methods used in this study are quantitative and causality with survey approach. With a sample of 100 members including consumers as respondents of Tupperware Product. Data collected in the form of primary data. Data analysis in this study uses multiple regression analysis, correlation coefficient and coefficient of determination using SPSS software. The result of the study shows that Product Quality and Multi Level Marketing (MLM) Strategy with Tupperware Party Model simultaneously have a significant effect on Purchasing Decision. Partially Product Quality has a significant effect on Purchasing Decision. And also Multi Level Marketing (MLM) Strategy with Tupperware Party Model has a significant effect on Purchasing Decision.
Keywords: Product Quality, Multi Level Marketing (MLM) Strategy with Tupperware Party Model, Purchasing Decision
References
DAFTAR PUSTAKA
Assurari, Sofjan. 2015. Manajement Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arinda Widiantika Putri. 2018. Pengaruh Strategi Pemasaran MLM Syariah dan Labelitas Halal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Theses Syariah IAIN Ponorogo.
Badri, Markoni, 2011. Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis ke - VI.
Budi Kho. 2017. Delapan Dimensi Kualitas Produk.
Clother, P.J. 1994. Meraup Uang dengan MLM: Pedoman Praktis Menuju Network Selling yang Sukses. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Danisejati. 2018. Pengertian populasi dan sampel menurut para ahli.
Elviana Lasma R.S, 2014. Pengaruh Marketing Mix Multi Level Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame.
Fathur Rahman. 2017. Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di Samarinda
Fifyanita Ghanimata. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang)
Harefa, Andreas. 2000. Multi Level Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hesti Budiwati. (012. Implementasi Marketing Mix dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Unggulian Keripik Pisang Agung di Kabupaten Limajang.
Ilmu Ekonomi ID. 2017. Faktor yang Mempengaruhi Strategi Pemasaran.
Jan Conway. 2020. Global net sales of Tupperware Brands from 2013 to 2018.
Karunia Saputra Hidayat. 2019. 6 Elemen Penting dalam Strategi Pemasaran Produk yang Perlu Anda Ketahui.
Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Buku 1. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip, Gary Astrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran Buku 1. Jakarta : Erlangga
Lamtio Munthe. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Intensif pada Sistem Multi Level Marketing Terhadap Motivasi Menjadi Sales Force Tupperware (Studi pada Sales Force Tupperware di PT. Limax Marifat Keleborah Bekasi).
Loke Choy Mun (Vivian), Dr. Rashad Yazdanifard. (Tanpa Tahun). Direct Marketing VS Multi-Level Marketing; Long Term Fallbacks and Implications.
Lupiyoadi, Rambat, A.Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Merlita Nugraheni. 2016. Analisis Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Wonosobo.
Mey Mey Melinda. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Vegas Fried Chicken (VFC) di Kota Bandung).
Muslich, Ahmad Wardi. 2015. Fiqh Muamalat. Jakarta: Amzah.
Nita Nurjanah. 2019. Pengaruh Strategi Pemasaran Multi Level Marketing (MLM) Terhadap Karakteristik Individu pada Mitra PT Veteran Sentosa Internasional Komunitas Paytren Neo Res Team (NRT) Tangerang Selatan.
Noor Fajar Sukmawan. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Yamaha.
Putri Lestari. 2017. pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kepuasan Konsumen terhadap Kepercayaan Konsumen.
Pantri Heriyati, Septi. 2012. Analisis Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Handphone Nexian.
Praba Sulistyawati. 2011. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lapto Merek Acer diKota Semarang.
Setiawan, Andi. 2017. Multi Level Marketing (MLM) Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Lampung: IAIN Metro.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yeni Firmawati, Firdaus Putra. 2019. Pengaruh Multi Level Marketing (MLM) Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Pada Service Point Oriflame (Spo) 1597 Tangerang.
Yusuf, Tarmizi. 2000. Strategi MLM Secara Cerdas dan Halal. Jakarta: Alex Media Komputindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be transferred to Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER)
This is an open-access journal in accordance with the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) license.
This permits users to:
Share - copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially
Under the following terms:
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike - If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.