PENGARUH KEMASAN DAN CITA RASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK MIE INSTAN INDOMIE (Survei Pada Mahasiswa/i Universitas Perjuangan Tasikmalaya)

Authors

  • Dini Aulia Fasya Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Kusuma Agdhi Rahwana Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/jumper.v2i2.669

Keywords:

Kemasan, Cita Rasa, Keputusan Pembelian Konsumen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kemasan dan cita rasa secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian konsumen produk mie instan Indomie survei mahasiswa/i Universitas Perjuangan Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausal dengan pendekatan survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji F, t, dan R². Hasil penelitian ini menujukkan secara simultan kemasan dan cita rasa berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen mie instan Indomie. Secara parsial kemasan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Secara parsial cita rasa berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.The purpose of this study was to determine the effect of kemasan and taste simultaneously and partially towards the consumers purchasing decision of indomie products survey on students in Perjuangan University, Tasikmalaya. The research method used is a causal method with a survey approach. The sample in this study amounted to 100 respondents. The data were collected through questionnaire. To analyzed the data used the classic assumption test and multiple regression analysis. The hypothesis test used the F test, t test, and R² test. the results of this study indicated that kemasan and taste simultaneously influenced the decisions to consumers purchase of Indomie products. Partially, kemasan  influenced the consumers purchasing decisions. And taste partially, influenced consumers purchasing decisions.

References

Akrom, M.C. 2013. Pengaruh Kemasan Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kripik Paru Umkm Sukorejo Kendal. https://docplayer.info/38581967-Pengaruh-kemasan-harga-dan-promosi-terhadap-proses-keputusan-pembelian-konsumen-kripik-paru-umkm-sukorejo-kendal-skripsi-oleh.html. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. diakses 16 Januari 2020.

Drummond, K. E., Brefere. L. M. 2010. Nutrition for Foodservice and Culinary Professional’s, Seventh Edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Frontier Consulting Group. 2019. Top Brand Index 2019 Fase 1 (online). https://www.topbrand-award.com/en/2019/04/mie-instant-dalam-kemasan-bag/. diakses 15 Desember 2020.

Julianti, S. 2014. The Art of Kemasan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Amstrong. 2011. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Bumi Aksara. Jakarta.

.2012. Principles Of Marketing Edisi 14, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. jakarta: Erlangga.

Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lidwina, A. 2019 . Kuartal III-2019, Penjualan Mi Instan Indofood Rp 21,7 Triliun. from databoks katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/11/12/kuartal-iii-2019-penjualan-mi-instan-indofood-capai-rp-217-triliun. diakses 16 Februari 2020.

Rahardjo, S. T. 2019. Desain Grafis Kemasan UMKM. deepublish (grup penerbit CV Budi Utama).

Rangkuti, Freddy. 2010. Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-02-22