Analisis Profitabilitas Customer Berdasarkan Pendekatan Time-driven Activity-based Costing (TDABC)

Authors

  • Nilam Kemala Odang Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/jumper.v3i1.710

Abstract

Persaingan yang semakin ketat menyebabkan pihak manajerial membutuhkan  informasi yang akurat mengenai struktur biaya dan profitabilitas customer.  Informasi tersebut diharapkan dapat membantu pihak manajerial dalam  pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan  perhitungan kos tradisional dengan penghitungan kos yang menggunakan  pendekatan time-driven activity-based costing (TDABC) serta menganalisis  profitabilitas customer dengan pendekatan TDABC. Penelitian ini menggunakan  metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan Hotel X sebagai objek penelitian.  

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan kos dengan  pendekatan kos tradisional tidak menghasilkan informasi yang detail, sedangkan  hasil perhitungan kos dengan pendekatan TDABC memberikan informasi yang transparan mengenai biaya yang dikonsumsi dan laba yang diperoleh untuk setiap  segmen customer. Hal tersebut dapat membantu pihak manajerial untuk  menganalisis profitabilitas customer dan melakukan upaya-upaya agar setiap  segmen customer tetap loyal dan menguntungkan. Selain itu, terdapat kapasitas  yang tidak digunakan cukup besar yang baru diketahui ketika perhitungan kos  dengan pendekatan TDABC dilakukan. 

Downloads

Published

2021-11-09