Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Cara penulisan : 

Tuliskan abstrak dalam bahasa Indonesia yang merupakan rangkuman dari artikel.  Abstrak dibuat satu paragraph dan maksimal terdiri dari 250 kata.  Dalam abstrak harus memuat latar belakang, tujuan, metodologi, hasil, dan kesimpulan, tetapi tidak perlu mengekplisitkan kata-kata tersebut.  Abstrak tidak boleh berisi tabel/gambar, tidak perlu mencantumkan sitasi.  Hindari singkatan seminimal mungkin.

Naskah ditulis dalam bahasa indonesia atau bahasa inggris dengan urutan sebagai berikut :


1. Judul (Title)

Tuliskan judul dalam bahasa indonesia yang mencerminkan kerja dan hasil penelitian (maksimal 15 kata, center, bold, 12pt)

 2. Nama Penulis (Author)

Penulis Pertama1*, Penulis Kedua2, Penulis Ketiga3 (12pt)
1Institusi Penulis Pertama, misalnya Departemen, Fakultas, Universitas (12pt)
2Institusi Penulis Kedua, misalnya Departemen, Fakultas, Universitas (12pt)
*Email: tuliskan alamat email, bisa jadi koresponding author bukan penulis pertama (12 pt)

 3. Abstrak (Abstract)

Tuliskan abstrak dalam bahasa Indonesia yang merupakan rangkuman dari artikel.  Abstrak dibuat satu paragraph dan maksimal terdiri dari 250 kata.  Dalam abstrak harus memuat latar belakang, tujuan, metodologi, hasil, dan kesimpulan, tetapi tidak perlu mengekplisitkan kata-kata tersebut.  Abstrak tidak boleh berisi tabel/gambar, tidak perlu mencantumkan sitasi.  Hindari singkatan seminimal mungkin.

 4. Kata Kunci (Key Word)

Kata kunci terdiri dari tiga sampai enam kata kunci 

 5. Pendahuluan (Introduction)

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dengan huruf Times New Roman, 2 (dua) kolom, kerapatan 1,5 spasi, pada kertas A4. Penulis diminta mengirim dalam bentuk file yang diketik dengan program MS-Word dan disubmit melalui OJS dengan alamat: https://www.e-journal.unper.ac.id/index.php/PHARMACOSCRIPT/index

Jumlah paragraph tidak dibatasi tetapi harus mencakup latar belakang,  tujuan penelitian, posisi penelitian terhadap penelitian sebelumnya dan kebaruan penelitian/noveltynya. Sedikit landasan teori yang langsung berkaitan dengan isi artikel dapat dimasukkan.  Tidak perlu dibuat anak judul (sub bab) dalam pendahuluan.

 6. Metode Penelitian (Materials and Methods)

Metode penelitian terdiri dari 2 sub bab yaitu alat dan bahan dan jalannya penelitian.  Jika analisis data bersifat spesifik, atau cara analisisnya baru, maka dapat ditambahkan sub bab Analisis Data.  Sub bab ditulis tanpa numbering maupun bullet.

Alat dan Bahan

Cantumkan alat-alat besar atau alat-alat khusus yang digunakan dalam penelitian beserta merk, tipe, dan spesifikasinya.  Alat-alat yang sudah umum dipakai dalam percobaan laboratorium seperti alat gelas, serbet, pisau bedah, dan lain-lain, tidak perlu dicantumkan.  Alat-alat spesifik/khusus, misalnya alat yang dirancang sendiri, atau hasil modifikasi alat standard harus dicantumkan skema/gambar/fotonya.  Derajat dan spesifikasi bahan, merk, dan supplier untuk setiap bahan harus dicantumkan.  Jenis kelamin, galur, umur, dan rata-rata berat badan dan SD hewan uji harus dilaporkan dibagian ini.  Jika simplisia diperoleh dari pengambilan sendiri dari tanaman yang hidup sebisa mungkin mencantumkan umur tanaman/buah/posisi daun, bulan pengambilan, dan waktu pengambilan.  Jika dari pembelian harus disebutkan sumber pembeliannya.

Jalannya Penelitian

Bagian ini memuat jalannya penelitian yang secara spesifik digunakan dalam penelitian. Alur kerja yang sederhana tidak perlu dibuat skema.  Cara kerja yang sudah umum tidak perlu dijelaskan secara detail.   Langkah penelitian yang panjang dapat dibuat dalam sub sub bab tahapan-tahapan penelitian dengan numbering angka arab.

  1. Langkah I penelitian

Jelaskan langkah penelitian secara singkat tetapi jelas sehingga memungkinkan penelitian lain untuk melakukan kembali dengan hasil yang sama

  1. Langkah II penelitian dst

Analisis Data

Metode analisis data yang baru harus dijelaskan secara detail beserta rumus-rumusnya (persamaan).  Jika naskah mengandung persamaan lebih dari 3, harus diberi nomor persamaan.

 7. Hasil dan Pembahasan (Results and Disccussion)

Hasil dan pembahasan memuat tiga hal yaitu (1)deskripsi dan (2)interpretasi (explanasi/penjelasan) hasil penelitian dan (3)diskusi (komparasi) hasil kita dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya.  Jika sub bab hasil dan pembahasan sangat panjang dapat dibuat sub sub bab dengan numbering angka arab.  Deskripsi hasil dapat berupa tabel dan gambar dengan diberi nomor urut (Tabel menggunakan urutan angka arab, Gambar menggunakan urutan angka arab) sesuai dengan letaknya pada naskah.

 8. Kesimpulan (Conclusion)

Kesimpulan menjawab tujuan penelitian dan disampaikan dalam bahasa singkat dan jelas.

 9. Daftar Pustaka (References)

Daftar pustaka diutamakan 10 tahun terakhir (minimal 75% dari minimal 10 pustaka yang diacu). Daftar pustaka ditulis sesuai dengan sistem APA (American Psychological Association). Daftar pustaka adalah referensi terbaru.

Contoh:

Adriani. (2018). Prediksi Senyawa Bioaktif dari Tanaman Sanrego (Lunasia Amara Blanco) Sebagai Inhibitor Enzim Siklooksigenase-2 (COX-2) Melalui Pendekatan Molecular Docking. Jurnal Ilmiah Pena, 1(1), 6-11.

Case, D.A. et al. (2014). AMBER 14 Reference Manual. San Francisco: University of California.

GLOBOCAN. (2018). Cancer today. International Agency for Research on Cancer. http://gco.iarc.fr/ [Diakses pada 26 Januari 2020].

Liju, V. B., Jeena, K., & Kuttan, R. (2011). An evaluation of antioxidant, anti-inflammatory, and antinociceptive activities of essential oil from Curcuma longa. L. Indian Journal of Pharmacology, 43(5), 526–531. https://doi.org/10.4103/0253-7613.84961.

Mardianingrum, R., Bachtiar, K.R., Nofriyaldi, Ali, & Fadilah, N.N (2019). Uji Antipiretik Minyak Atsiri Dan Ekstrak Metanol Rimpang Bangle (Zingiber Purpureum R)  pada Mencit Jantan Galur Swiss Webster. Prosiding Seminar Nasional. ISBN: 978-602-5793-65-3, 92-97

Supriyatna, Febriyanti, R., Dewanto, Wijaya, I., dan Ferdiansyah, F. (2015). Fitoterapi Sistem Organ: Pandangan Dunia Barat terhadap Obat Herbal Global, Edisi 2. CV. Budi Utama, Yogyakarta

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.