POLA SALURAN PEMASARAN DAN FARMER’S SHARE JAMBU AIR CV CAMPLONG

Authors

  • nfn Iswahyudi Universitas Islam Madura
  • nfn Sustiyana Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.277

Abstract

Buah jambu air cv Camplong merupakan komoditi lokal unggulan Kabupaten Sampang. Untuk meningkatkan dayasaing produk lokal, tidak hanya dari sisi kualitas dan kuantitasnya tetapi perlu dikaji dari aspek pemasarannya. Pada pemasaran komoditi jambu air cv camplong belum diketahui saluran pemasaran yang paling efisien. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pola saluran pemasaran dan farmer’s share buah jambu air cv camplong di Kabupaten Sampang. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu Desa Taddan Kecamatan Camplong. Penentuan responden menggunakan metode snowball sampling terdiri dari petani, pengumpul dan pedagang. Metode analisis menggunakan deskriptif dengan didukung perhitungan farmer’s share. Hasil penelitian ini adalah tiga pola saluran ambu air cv camplong yaitu (1) Petani – pengumpul kecil – pedagang  besar dalam provinsi – pedagang pengecer dalam provinsi – pengecer – konsumen. (2) Petani – pengumpul  dalam desa –pedagang besar provinsi – supermarket – konsumen.(3) Petani – pengecer – konsumen. Nilai Farmer Share’s yang tergolong efisien berada pada saluran pemasaran 1 (50%) dan  saluran pemasaran 3 (80%), sedangkan pada saluran pemasaran 2 tergolong tidak efisien (34,78%). Diantara ketiga saluran pemasaran tersebut yang paling efisien dan direkomendasikan pada penelitian ini adalah saluran pemasaran 3 karena mempunyai nilai farmer’s share yang paling tinggi yaitu sebesar 80%.

 

Kata kunci: Distribusi, Farmer’s Share, Jambu Air

References

Asmarantaka RW. 2012. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Bogor (ID): Departemen Agribisnis FEM-IPB.

Badan Pusat Statistik. 2015. Sampang Dalam Angka. http://www.Sampangkab.bps.go.id

Chopra S, Meindl. 2006. Supply Chain Management: Strategy, Planning and Operation. New Jersey (US): Pearson Prentice Hall.

Downey, W. P. Erickson. 1992. Manajemen Agribsnis. Erlangga, Jakarta.

Hartisari. 2007. Sistem Dinamik : Konsep Sistem dan Pemodelan untuk Industri dan Lingkungan. Bogor (ID): IPB Pr.

Hikmah, Ratnawati A.T. 2015. Strategi Pendistribusian Buah Lokal di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) 13(2): 229-236.

Iswahyudi, Darmawati. E. Sutrisno. 2015. Perancangan Kemasan Transportasi Buah Jambu Air (Syzygium aqueum) cv Camplong. Jurnal Keteknikan Pertanian (JTEP) 3(1): 65-72.

Iswahyudi, Sustiyana, Cahyani W.K.D. 2017. Rancang Bangun Rantai Pasok Jambu Air Cv Camplong Sebagai Komoditas Unggulan Madura. Prosiding Seminar Nasional Agribisnis dan Pengembangan Ekonomi Perdesaan IV. Bangkalan 17 Mei 2017. ISBN 978-602-61854-7-1.

Kohls, Richard L., and Joseph N. Uhl. 2002. Marketing of Agricultural Products.: MacMillan Publishing Company. New York.

Tolani V.C, Hussain H. 2013. Strategic Change in Model of Fruit and Vegetables Supply Chain. Global Journal of Management and Business Studies 3:965-970.

Downloads

Published

2019-11-16

How to Cite

Iswahyudi, nfn, & Sustiyana, nfn. (2019). POLA SALURAN PEMASARAN DAN FARMER’S SHARE JAMBU AIR CV CAMPLONG. Jurnal Hexagro, 3(2). https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.277

Issue

Section

Articles