POLA SALURAN PEMASARAN DAN FARMER’S SHARE JAMBU AIR CV CAMPLONG
DOI:
https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.277Abstract
Buah jambu air cv Camplong merupakan komoditi lokal unggulan Kabupaten Sampang. Untuk meningkatkan dayasaing produk lokal, tidak hanya dari sisi kualitas dan kuantitasnya tetapi perlu dikaji dari aspek pemasarannya. Pada pemasaran komoditi jambu air cv camplong belum diketahui saluran pemasaran yang paling efisien. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pola saluran pemasaran dan farmer’s share buah jambu air cv camplong di Kabupaten Sampang. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive yaitu Desa Taddan Kecamatan Camplong. Penentuan responden menggunakan metode snowball sampling terdiri dari petani, pengumpul dan pedagang. Metode analisis menggunakan deskriptif dengan didukung perhitungan farmer’s share. Hasil penelitian ini adalah tiga pola saluran ambu air cv camplong yaitu (1) Petani – pengumpul kecil – pedagang besar dalam provinsi – pedagang pengecer dalam provinsi – pengecer – konsumen. (2) Petani – pengumpul dalam desa –pedagang besar provinsi – supermarket – konsumen.(3) Petani – pengecer – konsumen. Nilai Farmer Share’s yang tergolong efisien berada pada saluran pemasaran 1 (50%) dan saluran pemasaran 3 (80%), sedangkan pada saluran pemasaran 2 tergolong tidak efisien (34,78%). Diantara ketiga saluran pemasaran tersebut yang paling efisien dan direkomendasikan pada penelitian ini adalah saluran pemasaran 3 karena mempunyai nilai farmer’s share yang paling tinggi yaitu sebesar 80%.
Â
Kata kunci: Distribusi, Farmer’s Share, Jambu Air
References
Asmarantaka RW. 2012. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Bogor (ID): Departemen Agribisnis FEM-IPB.
Badan Pusat Statistik. 2015. Sampang Dalam Angka. http://www.Sampangkab.bps.go.id
Chopra S, Meindl. 2006. Supply Chain Management: Strategy, Planning and Operation. New Jersey (US): Pearson Prentice Hall.
Downey, W. P. Erickson. 1992. Manajemen Agribsnis. Erlangga, Jakarta.
Hartisari. 2007. Sistem Dinamik : Konsep Sistem dan Pemodelan untuk Industri dan Lingkungan. Bogor (ID): IPB Pr.
Hikmah, Ratnawati A.T. 2015. Strategi Pendistribusian Buah Lokal di Kota Semarang. Jurnal Aplikasi Manajemen (JAM) 13(2): 229-236.
Iswahyudi, Darmawati. E. Sutrisno. 2015. Perancangan Kemasan Transportasi Buah Jambu Air (Syzygium aqueum) cv Camplong. Jurnal Keteknikan Pertanian (JTEP) 3(1): 65-72.
Iswahyudi, Sustiyana, Cahyani W.K.D. 2017. Rancang Bangun Rantai Pasok Jambu Air Cv Camplong Sebagai Komoditas Unggulan Madura. Prosiding Seminar Nasional Agribisnis dan Pengembangan Ekonomi Perdesaan IV. Bangkalan 17 Mei 2017. ISBN 978-602-61854-7-1.
Kohls, Richard L., and Joseph N. Uhl. 2002. Marketing of Agricultural Products.: MacMillan Publishing Company. New York.
Tolani V.C, Hussain H. 2013. Strategic Change in Model of Fruit and Vegetables Supply Chain. Global Journal of Management and Business Studies 3:965-970.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal HEXAGRO yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di HEXAGRO bersifat akademik. Jurnal HEXAGRO tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.