PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN SISWA SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Nikki Meiliana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Lu’luil Ma’nun

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i1.1145

Abstract

Penerapan pendidikan daring harus siap dalam segala hal, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan hingga penilaian pembelajaran. Akibatnya, banyak pihak, termasuk instruktur dan orang tua, harus mendukung dan mendorong pembelajaran jarak jauh. Studi ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana orang tua dan guru berkontribusi pada pendidikan sekolah setelah pandemi COVID-19. Artikel ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan tinjauan literatur. Review tulisan ini memberikan gambaran kajian berdasarkan jurnal internasional dan nasional yang telah dirangkum dan dianalisis. Kajian tinjauan pustaka ini dilakukan pada bulan September hingga Oktober 2022. Temuan penelitian menunjukkan bahwa orang tua memainkan tanggung jawab penting dan keberanian guru dalam belajar sangat beragam, antara lain. orang tua berperan sebagai inisiator, pemberi semangat, komunikator dan membantu serta membimbing pembelajaran. proses di mana siswa dan guru bertindak sebagai pelatih, instruktur, sumber belajar, mentor, demonstran, pemimpin, penasihat, penerjemah, motivator, pelatih dan promotor. Namun tidak semua orang tua mahir melakukannya, karena orang tua kurang memahami materi pendidikan dan tidak mampu melakukannya karena komitmennya yang lain. Begitu pula dalam hal guru, tidak semua guru dapat menunaikan tanggung jawabnya karena dipersingkatnya jam belajar mengajar dan rumitnya pengarahan materi pelatihan.

References

Abdul Aziz Hasibuan.(2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM UPAYA PENCAPAIAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH, Vol. 2 No. 2 Nov.

Ana Dwi Muji Utami, Puji Asmaul Chusna.(2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar, Vol.2 No.1

Andri Anugrahana.(2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar, Jilid 10 No 3.

Arifia Sabila Hayati.(2020). Peran Orang Tua dalam meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen, Jil.27 No.02, Oktober.

Agustin Lilawati.(2021).Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi, Volume 5, Number 1.

Betty Kusumaningrum, Krida Singgih Kuncoro, Tri Astuti Arigiyati, Trisniawati. (2020).Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar: Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19, VOL. 4, NO. 2.

Dea Kiki Yestiani & Nabila Zahwa.(2020).Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar, Volume 4, Nomor 1, M Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19, Volume 4, Nomor 1, Maret.

Fernando M.Reimers, Uche Amaechi, Margaret Wang.(2022). Pendidikan untuk Membangun Kembali Lebih Baik.

Fernando M. Reimers.(2022). Pendidikan Dasar dan Menengah Selama Covid-19.

Ismail Fayed, Jill Cummings.(2021). Mengajar di Era Pasca COVID-19.

Irinna Aulia Nafrin, Hudaidah Hudaidah.(2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19, Vol.3 No.2.

Jepri Ding, Desi Hermawati.(2020). Analisis Media Pembelajaran Daring DI Era Pandemi Covid-19 Pada Kelas III SD Negeri 027 Samarinda Ulu, Jil.1 No.2.

Jyotsna Patnaik, Mary Renck Jalongo.(2022). Dampak COVID-19 pada Pendidikan dan Pengasuhan Anak Usia Dini.

Kevin Tavin, Gila Kolb, Juuso Tervo.(2021). Seni dan Pendidikan Pasca-Digital, Pasca-Internet.

Maria Ulfa Batoebara, Buyung Solihin Hasugian. (2021). Peran Orang Tua dalam Komunikasi Pembelajaran Daring, Vol.15 No.1.

Ni Nyoman Serma Adi, Dewa Nyoman Oka, Ni Made Serma Wati. (2021). Volume 5, Number 1, Maret.

Ria Nur Anggraeni, Fina Fakhriyah, Muhammad Noor Ahsin. (2021). Volume 8 No. 2 Tahun.

Samantha S. Reed, Carol A.Mullen, Emily T. Boyles.(2021). Pembelajaran Berbasis Masalah di Sekolah Dasar.

Selfi Lailiyatul Iftitah, Mardiyana Faridhatul Anawaty.(2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19, Volume 4 Nomor 2 Tahun.

Sungsup Ra, Shanti Jagannathan, Rupert Maclean.(2021). Memberdayakan Masyarakat Belajar Selama Era Gangguan.

Tim Freytag, Douglas L. Lauen, Susan L. Robertson.(2022). Pengaturan Ruang, Tempat, dan Pendidikan.

Vanessa Dennen, Dkk.(2022). Perspektif Global tentang Inovasi Pendidikan untuk Situasi Darurat.

Wiwin Yulianingsih, Suhanadji Suhanadji, Rivo Nugroho, Mustakim Mustakim. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19, Jil.5 No.2.

Wolfram Rollett, Hannah Bijlsma, Sebastian Röhl.(2021). Umpan Balik Siswa tentang Pengajaran di Sekolah.

Yosi Fimala, Neviyarni S, Irda Murni.(2021). Peran orang tua dan guru dalam memotivasi peserta didik sekolah dasar di masa pandemic, Volume 6 Nomor 1 Tahun.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Meiliana, N., & Ma’nun, L. (2023). PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN SISWA SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI COVID 19. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 3(1), 19–31. https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i1.1145