PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIDEO BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS 2 MI/SD

Authors

  • Nikki Meiliana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Asep Ediana Latip
  • Zahra Aulia Rahma

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i2.1309

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar video berbasis powtoon pada pelajaran PKn pada siswa kelas 2 MI/SD yang layak di gunakan dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Proyek yang dikembangkan adalah Bahan Ajar Video PPKN Kelas 2 MI/SD. Penelitian pengembangan ini dimodifikasi dari model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen dalam penelitian meliputi penilaian proyek. Data uji kevalidan diperoleh dari lembar validasi berdasarkan penilaian para validator ahli. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 validator yaitu 3 dosen ahli. Hasil validasi ahli media dan ahli materi dari penelitian ini sebagai berikut, berdasarkan hasil validasi ahli bahan ajar video berbasis powtoon dari validator ahli media mendapatkan rata-rata 94,2% dan hasil validator ahli bahasa menunjukan rata-rata total 80% dan hasil validator ahli materi menunjukan rata-rata total 88,5%. Berdasarkan beberapa hasil validasi dari para ahli yang telah dikemukakan, maka Bahan Ajar Video PKn Kelas 2 MI/SD dinyatakan valid dan layak digunakan.

References

Angganingrum Shinta Hapsari, Muhammad Hanif, Gunarhadi, Roemintoyo, (2019),

Motion Graphic Animation Videos to Improve the Learning Outcomes of

Elementary School Students, European Journal of Educational Research,

Volume 8, Issue 4.

Chairiyah, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Benime

Tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas III

SDN 101893 Bangun Rejo, Jurnal Handayani, Vol. 12 No. 2

Eci Widyawati, 2021. Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada

Pembelajaran Tematik Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD/MI. Universitas

Islam Negeri Raden Intan Lampung

Ega Safitri, 2021. Studi Literatur: Pengembangan media pembelajaran dengan video

animasi powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 1 (2),

-80

Hanif Muhammad, (2020), The Development and Effectiveness of Motion Graphic

Animation Videos to Improve Primary School Students’ Sciences Learning

Outcomes, Jurnal Internasional Instruksi, Vol.13(3)

Indah Mafazatin Nailiah, Erwin Rahayu Saputra, . Pengembangan Media Ict Berbasis

Video Animasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD.

Lumturie Bajramia, Merita Ismailia,2016. The Role of Video Materials in EFL

Classrooms.

Ni Komang Rina Ariani, Made Sumantri , Desak Putu Parmiti, (2020), Pengembangan

Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes untuk Siswa, Jurnal Ilmiah Pendidikan

Profesi Guru, Vol. 3 No. 2

Ricky Yoshua, Dkk, 2022. Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Fisika Berbasis

Powtoon Pada Materi Pemanasan Global. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Pendidikan Fisika 3 (1), 72-79

Vannisa Aviana Melinda, Nyoman Sudana Degeng, Dedi Kuswandi, Pengembangan

Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V

SDNU Kraton Kencong, Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran)

Yuan Anisa, Meilisa Malik, Tantri Octora Dwi Syah Putri, Muhammad Hafiz, Nanda

Novita, 2023. Animaker Animation Video Design as a Digital-Based Learning

Media With the Theme of Comparison and Scale in Elementary School. Vol 4 No

Widyawati Eci, 2021. Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada

Pembelajaran Tematik Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD/MI. UIN Raden

Intan Lampung.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

Meiliana, N., Ediana Latip, A., & Aulia Rahma, Z. (2025). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIDEO BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS 2 MI/SD. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 3(2), 107–115. https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i2.1309