PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nina Kurniati Univeritas Perjuangan Tasikmalaya
  • Cece Rakhmat Univeritas Perjuangan Tasikmalaya
  • Fajar Univeritas Perjuangan Tasikmalaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapkan Model Problem Based Instruction (PBI) dalam pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga dapat diketahui dampak positif diterapkannya model Problem Based Instruction. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pelaksanaan tiga siklus. Setiap siklus disesuaikan dengan tahapan model problem based instruction yaitu Orientasi siswa pada masalah, Mengorganisasi siswa untuk belajar, Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses. Penelitian ini ditinjau dari proses serta hasil belajar siswa, siklus I aktivitas siswa dan guru belum terlaksana dengan baik, terlihat masih banyak siswa yang belum kerjasama dengan baik, presntase ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 41%. Pada siklus II aktivitas siswa dan guru diperbaiki berdasarkan refleksi dari siklus I sehingga berjalan cukup baik walaupun masih terdapat beberapa kekuragan dan presntase ketuntasan hasil belajar pada siklus II mencapai 62%. Pada siklus III aktifitas siswa dan guru berjalan sesuai dengan perencanaan serta siswa aktif mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga dapat memperoleh presntase ketuntasan belajar 90% dan sudah mencapai presntase yang diharapkan. Dengan demikian, Penerapan Model Problem Based Instruction dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar ini dapat dikatakan berhasil dalam melakukan perbaikan pembelajaran.

References

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Jakarta: Kata Pena, 71–72.

Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2010). Mengenal penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Indeks.

Ramadayanti, R. (2018). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas pada SubTema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV4 SD Negeri 033 ASMI Kota Bandung). FKIP UNPAS.

Saufi, M. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET. MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN, 131.

Sufairoh, S. (2017). Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3).

TIMUR, M. N. J. (n.d.). KURIKULUM 2013.

Wiriaatmadja, R. (2009). Model Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-04-08 — Updated on 2024-04-19

Versions

How to Cite

Kurniati, N., Rakhmat, C., & Nugraha, F. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 2(2), 37–45. Retrieved from https://e-journal.unper.ac.id/index.php/piwuruk/article/view/1615 (Original work published April 8, 2024)