PENGGUNAAN E-BOOK RAKODO BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KERAGAMAN EKONOMI DI INDONESIA

Authors

  • Juliani Hurul Ain Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Fajar Nugraha Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Riga Zahara Nurani Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v2i1.980

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya hasil prestasi akademik belajar siswa yang ditunjukan dari jumlah 20 siswa kelas IV,sebanyak 50% atau sejumlah 10 siswa dari hasil belajar masih dibawah KKM 70 dan kurangnya penggunaan bahan serta penerapan model pembelajaran yang digunakan. Sehubung dengan permasalahan tersebut, melalui penelitian ini di harapkan memperoleh cara yang tepat untuk meningkatkan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes , teknik observasi untuk melihat kemampuan guru dalam perencanan dan pelaksanaan pembelajaran dan teknik dokumentasi. Hasil menunjukan bahwa penggunaan bahan ajar e-book rakodo berbasi discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah 20 siswa pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata hasil belajar yaitu 66,20 dengan ketuntasan hasil belajar 60%. Siklus II rata-rata hasil belajar siswa yaitu 80 dengan ketuntasan belajar 80%. Berdasarkan peningkatan dari setiap siklus, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar e- book rakodo berbasis discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keragaman ekonomi di Indonesia di kelas IV SDN 2 Cirangkong Desa Cikeusal Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Ain, J. H., Nugraha, F., & Nurani, R. Z. (2022). PENGGUNAAN E-BOOK RAKODO BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KERAGAMAN EKONOMI DI INDONESIA. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.36423/pjsd.v2i1.980