PENERAPAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i2.2412Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN Mugarsari. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Selama ini media yang digunakan masih terbatas pada papan tulis sehingga siswa kurang aktif, mudah gaduh, dan memiliki minat membaca yang rendah. Penelitian ini menggunakan media flash card, yaitu kartu bergambar yang berisi kata, untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses dan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan media flash card pada siswa kelas I SDN Mugarsari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes lisan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca siswa dengan rata-rata nilai 60 (22,7%) pada pra tindakan, 69,8 (54,6%) pada siklus I, dan 80 (86,4%) pada siklus II. Dengan demikian, penggunaan media flash card terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mugarsari.
Kata Kunci: Media Flash Card, Kemampuan Membaca Permulaan
References
Abbas, S. 2006. Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ahmad, A. 2017. Penerapan permainan bahasa (Katarsis) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas Iva SD Negeri 01 Metro Pusat. Edu Humaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75-83.
Ammah, ES. 2017. Sintesis Hasil Penelitian Membaca Sebagai Landas Pijak Penyusunan Pembelajaran Membaca Dalam Bingkai Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan dan Hukum Islam , 14 (2), 38-48.
Aribowo, E. K. 2017. Media Pembelajaran DIY: Membuat Flash Card dan Teka-Teki Silang Mandiri.
Arikunto, S. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara
Farida Rahim. 2009. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Gunawan, I. 2013. Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.
Hasan M, Milawati dkk. 2021. Media Pembelajaran. (Klaten: CV Tahta Media Grouf,
Hidayah, N. 2015. Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.
Herlinasari R. 2017.Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Flash Card Dikelas 1 MI MIftahul Athfal Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah. Institut Agama Islam Raden Intan Lampung (IAIN)
Hotimah, E. 2017. Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1),10-18.
Kasari, O.2020. Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Anak Tuna Rungu, Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 7(1), 97-105.
Kristia RR & Fitriah H. 2018. Keterampilan Membaca.(Bangkalan : STKIP PGRI Bangkalan.
Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. 2019. Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2), 36-42.
Maghfiroh, L. 2015. Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 253637.
Muammar, 2020. Membaca Permulaan. Mataram:Sanabil
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. 2018. Manfaat serta kendala menerapkan flashcard pada pelajaran membaca permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210-228.
Nasikun : 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Flash Card kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Miftahul athfal tahun ajaran 2014/2015. Institut Agama Islam (IAIN) Raden Intan Lampung.
Nazir, M. 1988. MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Pane, A., & Dasopang, M. D. 2017. Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Pratiwi, CP 2020. Analisis keterampilan membaca asal siswa Sekolah Dasar: studi kasus pada siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Edutama , 7 (1), 1-8.
Rahman, B & Haryanto, H. 2014. Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard pada siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127-137.
Rizkika PD. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Flash Card Pada Siswa Tunagrahita Ktegori Ringan Kelas 1 SD SLB C Wiyata Dharma 2 Sleman Yogyakarta.
Sarina C. 2018. Peningkataan Membaca Permulaan Menggunakan Media Kartu (Flash Card) Pada Siswa MIN 1 Aceh Besar. Universitasas Islam Negeri Ar-Raniry Daarussalam Banda Aceh.
Salmiati, S. 2018. Penerapan Media Flash Carddalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A Paud Di Kabupaten Aceh Besar. Buah Hati, Vol.5(2), 118–126.
Siti Anifah E, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Universitas Muhamadiah Magelang.
Sukartha, I.N. 2018. Bahasa Indonesia Ragam Ilmiah. Universitas Udayana Denpasar.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sadiman, A. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sidiq, U,dkk . 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Wahyuni, S. 2020. Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9-16.
Janter MN. 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Flash Card Pada Anak Kelompok B Purwodadi Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.