PERAN DAN TANTANGAN PROFESIONAL GURU SEBAGAI PROFESI

Authors

  • sofi chairunnisa universitas PGRI yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i2.1299

Abstract

Profesi dekat hakikatnya ialah suatu luapan atau suatu akhir hayat jaga yang menyalurkan bahwa seseorang itu menggunakan dirinya dekat suatu biro atau uluran tangan karena rumpun terselip memikir terpanggil menjelang menjadi keaktifan terselip.Pada metode penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yang berupa informasi dan penyusunan sumber. Penyusunan, observasi dan catatan tertulis adalah bagian dari pendekatan penelitian kualitatif. Alasan peneliti mengambil pendekatan kualitatif karena merupakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan fenomena, aktivitas sosial, peristiwa, pemikiran, persepsi, kepercayaan dan sikap individu atau kelompok. Metode penelitian kualitiatif ini menggunakan studi kasus. Tujuan penelitian studi kasus adalah untuk mengumpulkan data, menganalisis kasus, dan memahami implikasinya.profesi pendidik ialah profesi yang sangat berperan dalam kehidupan suatu bangsa dikarenakan kedudukan pendidikan yang sangat penting dalam konteks kehidupan bangsa. Pendidik merupakan komponen yang paling berperan dalam suatu proses pendidikan sehingga kualitas pendidikan banyak dipengaruhi oleh kualitas dari pendidik itu sendiri dalam menjalankan peran dan tugasnya di masyarakat. Maka dari itu mengembangkan pendidik menjadi ketentuan mutlak bagi proses memajukan suatu bangsa, meningkatnya kualitas pendidik juga akan mendorong pada peningkatan kualitas pendidikan baik dari segi proses maupun hasilpendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

References

Edu, L. Ambros. , Arifian, Dus F. dan Nardi, Mikael. 2016. Etika dan Tantangan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Efendi, I., Prawitasari, M., & Susanto, H. (2021).Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata PelajaranSejarah.Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 21-25.

Habur, Manfred, A. 2007. Pendidikan Agama Katolik (PAK) dan Profesionalisme Guru PAK di Tengah Zaman yang Berubah. Jurnal Missio, Vol. 5, No. 1, Januari-Juni 2007. STKIP St. Paulus Ruteng.

Nasihin, S. (2008). Profesi Guru Dalam Konsep Dan Teori. Jurnal Administrasi Pendidikan, 8(2)

Ratnasari, Y. T. (2019). PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Revolusi Industri 4.0.

Susanto, H. (2020). Profesi Keguruan. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Susanto, H., &Akmal, H. (2018).Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas.HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 6(2), 197-206.

Susanto, H., Irmawati, I., Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021).Media Film Dokumenter Masuknya Islam Ke Nusantara danPengaruhnyaTerhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1).

Syaharuddin, S., & Susanto, H. (2019).Sejarah Pendidikan Indonesia (Era PraKolonialisme Nusantara sampai Reformasi). Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat.

Downloads

Published

2025-01-14

How to Cite

chairunnisa, sofi. (2025). PERAN DAN TANTANGAN PROFESIONAL GURU SEBAGAI PROFESI. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 3(2), 75–90. https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i2.1299