Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kels VI SDN 14 Andaleh Baruh Bukik

Penulis

  • Nova Lisa Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i1.1181

Abstrak

Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu study kasus dan informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas 6 , siswa kelas 6 berjumlah 3 orang, yang dipilih dengan Teknik purposive sampling, instrument dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri, namun peneliti menggunakan alat bantu juga seperti kamera, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan documentasi. Data dan informan yang diperoleh peneliti selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan model miles and hubermen, adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Untuk menjamin kedata, peneliti menggunakan Teknik tringulasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah permasalahan siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas 5 siswa tidak menguasai perkalian dan pembagian sehinga siswa kesulitan dalam belajar matematika di kelas 6.

Referensi

Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538

Anastasha, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas V berdasarkan Jenis Kelamin di SD Negeri Kota Padang. Jurnal Serambi Akademica, 8(1), 1–14. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/1808%0Ahttp://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/download/1808/1437

Anastasha, D. A., Movitaria, M. A., & Safrizal. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(4), 2626–2634. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1248/pdf

Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1331

Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723

Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Safrizal, Marneli, D., & Anastasha, D. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 21 Sawah Tangah. Bada’a:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 151–164. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.584

Yulia, R., Mayar, F., & Safrizal, S. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Di Taman Kanak-Kanak Terhadap Sense of Belonging Siswa Pada Teman, Sekolah, Dan Guru. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 78. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.926

Zulhendri. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SDN 04 Koto Tuo Sulit Air melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Aufklarung, 2(2), 92–105.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-13

Cara Mengutip

Lisa, N. (2025). Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kels VI SDN 14 Andaleh Baruh Bukik. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 3(1), 32–45. https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i1.1181