Analisis faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kels VI SDN 14 Andaleh Baruh Bukik
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i1.1181Abstrak
Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu study kasus dan informan dalam penelitian ini yaitu guru kelas 6 , siswa kelas 6 berjumlah 3 orang, yang dipilih dengan Teknik purposive sampling, instrument dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri, namun peneliti menggunakan alat bantu juga seperti kamera, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan documentasi. Data dan informan yang diperoleh peneliti selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan model miles and hubermen, adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Untuk menjamin kedata, peneliti menggunakan Teknik tringulasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah permasalahan siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas 5 siswa tidak menguasai perkalian dan pembagian sehinga siswa kesulitan dalam belajar matematika di kelas 6.
Referensi
Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1538
Anastasha, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas V berdasarkan Jenis Kelamin di SD Negeri Kota Padang. Jurnal Serambi Akademica, 8(1), 1–14. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/1808%0Ahttp://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/download/1808/1437
Anastasha, D. A., Movitaria, M. A., & Safrizal. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(4), 2626–2634. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1248/pdf
Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1331
Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723
Jayanti, I., Arifin, N., & Nur, D. R. (2020). Analisis Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Safrizal, Marneli, D., & Anastasha, D. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Course Review Horay untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 21 Sawah Tangah. Bada’a:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 151–164. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.584
Yulia, R., Mayar, F., & Safrizal, S. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Di Taman Kanak-Kanak Terhadap Sense of Belonging Siswa Pada Teman, Sekolah, Dan Guru. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 78. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.926
Zulhendri. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SDN 04 Koto Tuo Sulit Air melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Aufklarung, 2(2), 92–105.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.