ANALISIS KESULITAN BELAJAR BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS 1 (STUDI KASUS SDN 25 BARINGIN)

Penulis

  • Nelfi Nelita Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Safrizal Safrizal Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar
  • Husnani Husnani Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i1.1185

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar berhitung matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penenlitian ini adalah guru kelas 1 SD, Jumlah siswa yaitu 18 orang, teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian yaitu peneliti sendiri, namun dalam pelaksanaannya peneliti menggunakan alat bantu berupa kamera, wawancara dan catatan lapangan. Penenliti melalukan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.  Aktivitas dalam analisis data menggunakan model miles dan huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data. Display data, dan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunakan teknik tringualasi. Hasil penelitian adalah  SIswa kesulitan belajar berhitung dalam penambahan dan pengurangan.

Referensi

Anastasha, D. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Pemahaman Matematika Siswa Kelas V berdasarkan Jenis Kelamin di SD Negeri Kota Padang. 8(1), 1–14.

Chusna, F. A. (2016). UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PANGENREJO KECAMATAN PURWOREJO, KABUPATEN PURWOREJO. September.

Lestari, D. P. (2012). DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR PADA OPERASI PENJUMLAHAN DENGAN TEKNIK MENYIMPAN SISWA KELAS I SD N 3 PANJER KECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2011/2012. 0287.

Maflikha, & Eha. (2020). Media Pembelajaran Berhitung Kelas 1 SD. 3(3), 2276–2282.

Mahardika, C. (2020). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas i sdn banyuajuh 9. 1.

MaratusSholikah, N. (2022). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 03 MAKAMHAJI SUKOHARJO.

Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14.

Raharjo, I., Fita, M., & Untari, A. (2021). Faktor Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau dari Peserta Didik. 4(1).

Ratu, H., Negara, P., & Rachman, D. F. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas I SD Melalui Bimbingan Operesi Penjumlahan dan Pengurangan Matematika. 1(2), 67–77.

Rosanti, A., Tahir, M., & Maulyda, M. A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Kelas II di SDN 3 Pringgajurang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1490–1495. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.812

Safrizal. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 2626–2634.

Suwarto, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pada Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 285–294. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.357

Yufi Latmini Lasari. (2022). Studens Mathematical Problem Solving Ability in Elementary School : The Effect of Guided Discovery Learning. 2, 49–57. https://doi.org/10.31958/jies.v2i2.5592

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-13

Cara Mengutip

Nelita, N., Safrizal, S., & Husnani, H. (2025). ANALISIS KESULITAN BELAJAR BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS 1 (STUDI KASUS SDN 25 BARINGIN). PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 3(1), 46–58. https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i1.1185