Penerapan Motivasi Belajar Melalui Strategi Guided Note Taking Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kelas V SDN Arif Rahman Hakim, Subang, Jawa Barat

Penulis

  • Apit Dulyapit Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i2.1355

Abstrak

Model pelajaran merupakan  strategi yang di gunakan dalam dunia pendidikan. Kelebihanya adalah dapat mengembangkan proses belajar mengajar di kelas agar lebih di mengerti oleh siswa. penelitian ini untuk menerapkan strategi Guided Note Taking dengan media audio visual untuk meningkatkan hasil  pembelajaran pada mata pelajaran kelas V SDN Arif Rahman Hakim. Strategi Guided Note Taking digunakan  untuk   membantu siswa dalam mencatat informasi penting selama proses pembelajaran, sementara media audio visual digunakan untuk memperkaya  pengalaman belajar siswa.Tujuan ini untuk mengetahui pengaruh serta   keefektifan penggunaan strategi Guided Note Taking berbasis  media video terhadap hasil mata  pelajaran kelas V .Berdasarkan peneliti tersebut  telah memperoleh data yaitu pada rata-rata hasil motivasi belajar siswa , terlihat dari hasil peminatan motivasi belajar pada sebelumnya  sebesar 60,01%, yang masih kurang dalam  mencapai keberhasilan motivasi belajar, kemudian  meningkat menjadi 80,01% dan telah mencapai kriteria keberhasilan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Guided Note Taking dengan media audio visual dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran pada mata pelajaran kelas V. Penggunaan panduan catatan yang terstruktur dan media audio visual dapat membantu siswa dalam memproses informasi dengan lebih baik dan memotivasi mereka untuk belajar secara aktif.

Referensi

Anderson, T. H. and Armbruster. B. B. (2001). The value of taking notes during lectures. Teaching reading & study strategies at the college level. Newark, DE: International Reading Association. 166–194

Darneli, T. (2023). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Youtube Terhadap Pengetahuan Faktual , Konseptual , dan. 6(1), 142–148.

Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 449–459.

Indrayani. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Guided Note Taking dengan Setting Kooperatif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Enrekang. 6(2), 155–163.

Jofi Kuswanto, Muh. Nasir, & Ariyansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 175–180. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.463

Matthew, G. (2020). The effect of adding same-language subtitles to recorded lectures for non-native, english speakers in e-learning environments. Research in Learning Technology, 28(1063519), 1–16. https://doi.org/10.25304/rlt.v28.2340

Panjaitan, C. D., & Sinambela, P. N. J. M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di SMP Swasta R.A Kartini Tebing Tinggi. Journal on Education, 5(2), 5016–5025. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1212

Rindawati, T., & Thamrin, L. L. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa SD Lkia. Journal Tunas Bangsa, 9(1), 2022–2023. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa

Suryana, A., Noviansyah, I., & Tamara, F. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ilmi Citeureup Bogor . EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(2), 112–132. https://doi.org/10.47467/edui.v2i2.975

Hartley, J. (2003). Note taking research: Resetting the scoreboard. Bulletin of the British Psychological Society, 36: 13-14.

Heward, W. L. (2004). Guided notes: Improving the effectiveness of your lectures. Columbus, OH: The Ohio State University Partnership Grant for Improving the Quality of Education for Students with Disabilities. Retrieved from http://ada.osu.edu/resources/fastfacts/

Kiewra, K. A. (2001). Investigating note taking and review: A depth of processing alternative. Educational Psychologist, 20: 23-32.

Riyana, Cheppy. (2007). "Pedoman pengembangan media video." Jakarta: P3ai Upi: 2654-2552.

Wijayanti, Puspita Adhi Kusuma, and Rezki Ashriyana Sulistiobudi. (2018). "Peer relation

sebagai prediktor utama school well-being siswa sekolah dasar." Jurnal

Psikologi 17.1: 56-67.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-14

Cara Mengutip

Dulyapit, A. (2025). Penerapan Motivasi Belajar Melalui Strategi Guided Note Taking Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kelas V SDN Arif Rahman Hakim, Subang, Jawa Barat. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 3(2), 116–127. https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i2.1355