PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v2i1.851Abstrak
Pembelajaran IPA merupakan salah satu muatan materi yang sering muncul dalam pembelajaran karena berhubungan langsung dengan lingkungan siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran IPA, guru berperan penting dalam terciptanya kondisi pembelajaran agar tercapainya prestasi belajar yang efektif. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) model ini berbasis masalah yang mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Selain model pembelajaran, dalam proses pembelajaran guru diharuskan menggunakan media pembelajaran salah satu media yang dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar adalah media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SDN 4 Gununglipung yang berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi (total sampling), untuk pengambilan sampel memakai cara simple random sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan test yaitu pretest dan posttest serta data dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Dari hasil data yang telah dianalisis, diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Memperoleh normalitas data 0,093 > 0,05, dan taraf signifikansi homogenitas data yaitu 0,462 > 0,05. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 85,87 dan kelas kontrol yaitu 69,06 (85,87 > 69,06) Maka model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPA kelas V SDN 4 Gununglipung.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.