SALURAN PEMASARAN PEPAYA CALIFORNIA DI KELURAHAN URUG, KECAMATAN KAWALU, KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Asya Utari Rahmawati Universitas Perjuangan
  • Dona Setia Umbara Universitas Perjuangan
  • Budhi Wahyu Fitriadi Universitas Perjuangan

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v5i2.660

Abstract

California papaya is one of the leading commodities with good potential to be developed. Urug Village, Kawalu District, Tasikmalaya City is one of the centers papaya California fruit production. The purpose of this study is to identify the marketing channels for California papayas in Urug Village and to analyze the efficiency of marketing of California papayas in Urug Village. The analytical tool in this study uses the analysis of the marketing margin approach, farmer's share analysis, and profit and cost ratio analysis. The results showed that there were four marketing channels. A relatively efficient marketing channel is marketing channel III (farmer - retailer - consumer) because it has the smallest marketing margin, the largest farmer's share, and the ratio of profit to cost has a value of more than one.Keywords: marketing channel, california papayaABSTRAKPepaya California merupakan salah satu komoditas unggulan yang memiliki potensi yang cukup baik untuk terus dikembangkan. Kelurahan Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya merupakan salah satu sentra produksi buah pepaya california. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi saluran pemasaran pepaya California di Kelurahan Urug dan menganalisis efisiensi pemasaran pepaya California di Kelurahan Urug. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis pendekatan marjin pemasaran, analisis farmer’s share, dan analisis rasio keuntungan dan biaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat empat saluran pemasaran. Saluran pemasaran yang relatif efisien adalah saluran pemasaran III (petani – pedagang pengecer – konsumen) karena memiliki marjin pemasaran terkecil, farmer’s share paling besar, dan rasio keuntungan terhadap biaya memiliki nilai lebih dari satu.Kata kunci:  saluran pemasaran, pepaya california

Author Biographies

Asya Utari Rahmawati, Universitas Perjuangan

Program studi agribisnis, Fakultas pertanian

Dona Setia Umbara, Universitas Perjuangan

Fakultas Pertanian

Budhi Wahyu Fitriadi, Universitas Perjuangan

Fakultas Pertanian

References

Arbi, M., Thirtawati, & Junaidi, Y. (2018). Analisis Saluran Dan Tingkat Efisiensi Pemasaran Beras Semi Organik Di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 11(1), 22. https://doi.org/10.19184/jsep.v11i3.7151

Arikunto. S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Reinkacipta.

Astriana, S., & Nurcahyo, I. (2017). Pemanfaatan Potensi Pepaya Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa Tambak Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 20(11). https://doi.org/10.20961/jkb.v20i11.13986

BPS Indonesia. (2019). Perkembangan Rata-Rata Harga Produsen dan Konsumen Pepaya Menurut Provinsi Tahun 2014-2018.

BPS Kota Tasikmalaya. (2019). Kota Tasikmalaya Dalam Angka 2018.

BPS Provinsi Jawa Barat. (2018). Produksi Buah Pepaya Tahun 2018.

Faisal, H. (2015). Analisis Pendapatan Usahatani Dan Saluran Pemasaran Pepaya (Carica Papaya L) Di Kabupaten Tulungagung ( Studi kasus di Desa Bangoan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung ). Agribis, 11(13), 12–28.

Imran, H. A. (2017). Peran Sampling dan Distribusi Data Dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif. Studi Komunikasi Dan Media, 21(1), 111–126.

Iswahyudi, & Sutiyana. (2019). Pola Saluran Pemasaran Dan Farmer ’ S Share Jambu Air CV Camplong. Jurnal Hexagro, 3(2), 33–38.

Mandala, P., Maharani, E., & Muardi, D. (2016). Analisis Pemasaran Jeruk Siam Di Desa Limau Manis Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. JOM Faperta UR, 3(2), 1–14.

Permana, H., Noor, T. I., & Isyanto, A. Y. (2020). Analisis Saluran Pemasaran Pepaya California (Suatu Kasus di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 7(1), 7–13.

Pradika, A., Hasyim, A. I., & Soelaiman, A. (2013). Analisis Efisiensi Pemasaran Ubi Jalar di Kabupaten Lampung Tengah. Jurna JIA, 1(1), 25–35.

Satria, Zakiah, & Romano. (2018). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah Volume 2, Nomor 1, November 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, 3(4), 227–236.

Yani, F., & Hermanto, B. (2019). Analisis Pendapatan Usahatani Pepaya California (Carica papaya L.) (Studi kasus : Desa Jaharun A Kecamatan Galang dan Desa Galang Suka,Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang). Prosiding Seminar Nasional Dan Ekspo Hasil Penelitian Dan Pangabdian Masyarakat, 462–466.

Yulita, D., Murad, & Sukmawaty. (2016). Analisis Energi Panas Pada Proses Pengeringan Manisan Pepaya (Carica Papaya L.) Menggunakan Alat Pengering Tipe Rak. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian Dan Biosistem, 4(1), 192–199.

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles