PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINYAK OLES BOKASHI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v6i2.923

Abstract

Perkembangan pemasaran digital telah menimbulkan peluang besar bagi pelaku usaha untuk memperluas pangsa pasar mereka. Penerapan pemasaran digital salah satunya dapat dilakukan melalui social media Instagram. Banyaknya usaha yang menggunakan Instagram sebagai media promosi, menjadikan persaingan usaha semakin ketat di era digital saat ini. PT. Karya Pak Oles Tokcer sebagai salah satu wadah yang juga menerapkan strategi promosi melalui social media Instagram untuk memperluas pasarnya. Tujuan dari penelitian ini: 1) mengidentifikasi aktivitas promosi, 2) mendeskripsikan manfaat dan kemudahan, 3) menganalisis pengaruh promosi Instagram terhadap keputusan pembelian minyak oles bokashi di PT. Karya Pak Oles Tokcer Kota Denpasar. Sampel penelitian berjumlah 96 responden, menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden yaitu pengguna aktif social media Instagram, mengikuti akun Instagram @pakolescom, dan pernah membeli produk minyak oles bokashi. Data penelitian diperoleh melalui hasil wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas promosi yang dijalankan terus berupaya untuk menarik perhatian dan meningkatkan keputusan pembelian oleh konsumen, 2) Penggunaan promosi Instagram memiliki kelebihan yang dirasakan  oleh perusahaan di antaranya lebih hemat biaya, tidak terbatas waktu, mudah menemukan konsumen baru, dan mudah mengoperasikan media, 3) Promosi melalui social media Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk minyak oles bokashi pada PT. Karya Pak Oles Tokcer Denpasar. Maka perusahaan disarankan untuk mengembangkan kemampuan tim pengelola agar memahami bagaimana melakukan komunikasi pemasaran yang tepat dan sesuai melalui social media Instagram untuk meningkatkan keputusan pembelian.   Kata kunci: Instagram, Keputusan Pembelian, Promosi, Social Media

Author Biographies

Antonia Dewi Anggraeny, Universitas Udayana

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian

I Dewa Ayu Sri Yudhari, Universitas Udayana

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Gede Mekse Korri Arisena, Universitas Udayana

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Anggraeny, A. D., Yudhari, I. D. A. S., & Arisena, G. M. K. (2022). PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINYAK OLES BOKASHI. Jurnal Hexagro, 6(2), 83–97. https://doi.org/10.36423/hexagro.v6i2.923