PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINYAK OLES BOKASHI

Authors

  • Antonia Dewi Anggraeny Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v6i2.923

Abstract

Perkembangan pemasaran digital telah menimbulkan peluang besar bagi pelaku usaha untuk memperluas pangsa pasar mereka. Penerapan pemasaran digital salah satunya melalui social media dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. PT. Karya Pak Oles Tokcer sebagai salah satu wadah yang menerapkan strategi promosi melalui social media Instagram di dalam memasarkan produknya. Tujuan dari penelitian ini: 1) mengidentifikasi aktivitas promosi, 2) mendeskripsikan manfaat dan kemudahan, 3) menganalisis pengaruh promosi Instagram terhadap keputusan pembelian minyak oles bokashi di PT. Karya Pak Oles Tokcer Kota Denpasar. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pendekatan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas promosi yang dijalankan terus berupaya untuk menarik perhatian dan meningkatkan keputusan pembelian oleh konsumen, 2) Penggunaan promosi Instagram memiliki kelebihan yang dirasakan  oleh perusahaan di antaranya lebih hemat biaya, tidak terbatas waktu, mudah menemukan konsumen baru, dan mudah mengoperasikan media, 3) Promosi melalui social media Instagram berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk minyak oles bokashi pada PT. Karya Pak Oles Tokcer Denpasar. Kata kunci: Instagram, Keputusan Pembelian, Promosi, Social Media

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Antonia Dewi Anggraeny. (2022). PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINYAK OLES BOKASHI. Hexagro Journal, 6(2), 83–97. https://doi.org/10.36423/hexagro.v6i2.923