START-UP DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA OWNER COFEE SHOP DI KAWASAN HERITAGE PUPUTAN BADUNG

Authors

  • Anak Agung Istri Agung Peradnya Dewi Universitas Udayana
  • Gede Mekse Korri Arisena Universitas Udayana https://orcid.org/0000-0001-8162-4947
  • I Nyoman Gede Ustriyana Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v6i2.933

Abstract

ABSTRAK

Dengan meningkatnya mobilitas dan gaya hidup masyarakat yang dipengaruhi oleh budaya luar, khususnya di Kota Denpasar pada kawasan Heritage Puputan Badung ini menyebabkan marak berkembangnya bisnis yaitu bisnis start-up coffee shop. Dibalik maraknya hal tersebut tentunya bukan tanpa sebab melainkan terdapat kiat-kiat yang dilakukan oleh pemilik saat mendirikan bisnis start-up coffee shop di kawasan Heritage Puputan Badung, oleh karena itu penelitian ini bertujuan : 1) menganalisis karakteristik owner, 2) menganalisis bisnis start-up coffee shop, 3) menganalisis dan mengetahui motivasi berwirausaha dari para bisnis start-up coffee shop di kawasan Heritage Puputan Badung. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tabulasi data sederhana. Informan ditentukan dengan metode sensus, data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dan terstruktur, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Owner coffee shop di kawasan Heritage Puputan Badung sebagian besar merupakan golongan generasi Y (25-39 tahun) berjenis kelamin laki-laki bekerja sebagai wirausaha dengan modal bisnis dari puluhan juta rupiah hingga milyaran rupiah dan rata-rata pernah memiliki pengalaman berbisnis sebelumnya 2) Bisnis start-up coffee shop di kawasan Heritage Puputan Badung sudah tergolong rintisan yang berdiri selama 1-4 tahun dengan 2 hal utama memutuskan untuk mendirikan di kawasan heritage beserta 3 tahap pengembangannya diikuti dengan 5 tahapan start-up di dalamnya dan 9 proses utama dalam mendirikan sebuah bisnis start-up .[i] 3) Ke 22 Owner bisnis start-up coffee shop memiliki 3 kebutuhan yang digunakan sebagai motivasi berwirausahanya pada kawasan Heritage Puputan Badung yaitu kebutuhan akan prestasi, afiliasi, dan kekuasaan.

Author Biographies

Anak Agung Istri Agung Peradnya Dewi, Universitas Udayana

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Gede Mekse Korri Arisena, Universitas Udayana

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian

I Nyoman Gede Ustriyana, Universitas Udayana

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Dewi, A. A. I. A. P., Arisena, G. M. K., & Ustriyana, I. N. G. (2022). START-UP DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA OWNER COFEE SHOP DI KAWASAN HERITAGE PUPUTAN BADUNG. Jurnal Hexagro, 6(2), 128–152. https://doi.org/10.36423/hexagro.v6i2.933