Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Author Guidelines

Petunjuk Umum

Jurnal Informatics and Digital Expert (INDEX) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Informatika Fakultas Teknik Universitas Perjuangan, Tasikmalaya. INDEX memuat naskah hasil-hasil penelitian di bidang Informatika dan Teknologi Informasi.

Dokumen ini merupakan template untuk penulisan naskah di INDEX. Naskah diketik pada kertas berukuran standar A4 (21 cm x 29,7 cm) dalam format dua kolom dan satu spasi. Gunakan margin 3-3-2-2 cm (left-top-right-bottom), lebar tiap kolom 7,5 cm dengan jarak antar kolom 1 cm, menggunakan huruf Times New Roman 10 point dengan spasi tunggal. .

Petunjuk Khusus

Sistematika penulisan naskah terdiri dari : judul harus ditulis secara ringkas dan menggambarkan isi naskah, dalam judul hindari penulisan sub judul atau studi kasus; nama penulis (tanpa gelar akademik); afiliasi penulis; alamat email; abstrak (150 – 250 kata) ditulis dalam bahasa  Indonesia; kata kunci (3-5 kata); pendahuluan berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; metode penelitian yang berisi formulasi permasalahan yang diteliti dengan lebih rinci (sedapat mungkin ditulis secara matematis) dan menjelaskan metode yang diusulkan; perancangan sistem mengemukakan rancangan umum dari sistem akan dikembangkan dalam penelitian; hasil dan pembahasan yang berisi tentang menyampaikan pengujian yang dilakukan dan menganalisis hasil; kesimpulan; daftar pustaka (hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).

Isi pendahuluan mengandung latar belakang, tujuan, identifikasi masalah dan metode penelitian, yang dipaparkan secara tersirat (implisit). Kecuali bab Pendahuluan dan bab Kesimpulan, penulisan judul-judul bab sebaiknya eksplisit menyesuaikan isinya. Tidak harus implisit dinyatakan sebagai dasar teori, perancangan, dan sebagainya.

1. Judul, Nama Penulis, afiliasi penulis, Alamat Penulis, Koresponsendi Penulis (corresponding author)
a. Judul artikel ditulis dengan ringkas tetapi informatif. Dianjurkan untuk tidak menggunakan singkatan dan rumus yang tidak dikenal secara luas.
b. Nama semua penulis ditulis di bawah judul artikel dengan lengkap tetapi tanpa gelar. Pada bagian akhir dari masing-masing nama diberi huruf superskrip untuk mengidentifikasikan alamat penulis. Selain itu, juga perlu diidentifikasikan penulis yang bertanggung-jawab dalam korespondensi.
c. Alamat penulis ditulis di bawah semua nama penulis diawali dengan huruf superskrip yang sesuai dengan masing-masing nama penulis.
d. Alamat korespondensi ditulis di bagian foot-note di halaman yang memuat nama penulis yang tersebut. Alamat harus memuat alamat pos yang lengkap dan jelas. Selain itu juga disertai alamat e-mail, telepon dan faksimili.

2. Abstrak dan Kata-kata Kunci
a. Abstrak dalam Bahasa Indonesia, maksimal 250 kata dan terstruktur. Abstrak berisi : masalah, solusi atau metode yang digunakan, hasil penelitian.

b. Tuliskan maksimal 5 (enam) kata kunci terpilih yang sesuai yang masing-masing dipisahkan dengan tanda koma (,).

3. Pendahuluan
Pada bagian pendahuluan disampaikan latar belakang penelitian/tulisan, secara ringkas tinjauan pustaka (literatur) yang menjelaskan state of the art penelitian dan tujuan penelitian/tulisan.

4. Metode Penelitian 
Pada bagian ini disampaikan bahan / materi yang digunakan dalam penelitian. Perlu disampaikan secara cukup detail metode penelitian yang digunakan untuk menjamin bahwa hasil yang diperoleh dapat diulang atau direproduksi (reproduceable). Bila manuskrip yang disampaikan merupakan suatu pengembangan model, maka perlu disampaikan deskripsi model yang diajukan dan bagaimana model tersebut dievaluasi / digunakan.

5. Hasil dan Pembahasan
Pada bagian ini disampaikan hasil penelitian (pengembangan model) yang diperoleh secara sistematis dan konstruktif dilengkapi dengan pembahasan yang komprehensif yang mendukung tujuan penelitian dan memperkuat kesimpulan. Meskipun ada hasil penelitian disajikan dalam bentuk tabel atau gambar, tetapi tabel atau gambar yang dimaksud tidak disisipkan di antara teks tetapi dilampirkan pada bagian lampiran. Dalam teks cukup disebutkan nomer dan/atau nama tabel atau gambar yang dibahas.

6. Kesimpulan
Pada bagian ini disampaikan secara ringkas kesimpulan utama dari hasil yang diperoleh.

7. Referensi

Sumber pustaka/rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Pustaka yang diutamakan adalahnaskah-naskah penelitian dalam jurnal, konferensi dan/atau majalah ilmiah.Pustaka lain dapat berupa buku teks atau laporan penelitian (termasuk Skripsi/Tugas Akhir, Tesis, dan Disertasi), akan tetapi diusahakan tidak melebihi 20%dari seluruh jumlah sumber pustaka.

Penulisan sumber pustaka dan cara mengacu menggunakan aturan IEEE. Petunjuk lebih lengkap mengenai aturan IEEE dapat dibaca pada link https://pitt.libguides.com/citationhelp/ieee. Beberapa contoh  penulisan sumber pustaka dapat dilihat di bagian Daftar Pustaka.

[1]

C. Pavlovski, C. Warwar, B. Paskin dan G. Chan, “Unified Framework for Multifactor Authentication,” 22nd International Conference on Telecommunications (ICT 2015), pp. 209-213, 2015.

[2]

 

T. Vaughan, Multimedia Making It Work, Sixth Edition, New York: McGraw-Hill Companies, 2004.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.