Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat

Authors

  • Marvel Zefanya Yang Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Advent Indonesia
  • Jay Idoan Sihotang Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v4i2.1110

Keywords:

Shoppee, End User Computing Satisfaction (EUCS), User Interface, Kepuasan, Sistem Informasi

Abstract

Perkembangan era digital pada zaman ini sangat cepat dan tidak dapat diprediksi. Era digital semakin hari melahirkan teknologi-teknologi baru yang berfungsi untuk membantu dan mempermudah kehidupan manusia. Seiring berjalannya waktu lahirlah sebuah aplikasi belanja online yaitu Shopee. Shopee adalah aplikasi jual beli online yang proses jual beli hingga transaksinya dilakukan secara online. Shopee sebagai marketplace yang besar saat ini tentu memiliki tantangan yang besar, di mana banyak sekali marketplace lain yang ikut bersaing dalam era digital saat ini, terutama di bidang e-commerce. Kepuasan pengguna merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan penerapan sebuah aplikasi. Penelitian pada kali ini berfokus di bagian kepuasan pengguna terhadap user interface dari aplikasi Shopee. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Jakarta Barat. Dari populasi tersebut terpilih sebanyak 125 responden untuk menjadi sampel dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada pengguna aplikasi Shopee di Jakarta Barat yang kemudian diolah secara statistik menggunakan rentang kategori dan persentase melalui Skala Likert. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah dalam kategori Puas dengan hasil nilai rata-rata 3.92 (Puas), dengan menggunakan tabel Tingkat Kepuasan Skala Likert. Kemudian, untuk hasil masing-masing dimensi adalah Content 3.99 (Puas), Accuracy 3.85 (Puas), Format 3.70 (Puas), Timeliness 4.07 (Puas), dan Ease of Use 4.03 (Puas).

References

E. F. Rahayu, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE DAN LAZADA MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS),” ICIT J., vol. 6, no. 2, pp. 213–226, 2020, doi: 10.33050/icit.v6i2.1118.

W. W. Chin and M. K. O. Lee, “A proposed model and measurement instrument for the formation of IS satisfaction: the case of end-user computing satisfaction,” Icis, vol. Brisbane, pp. 553–563, 2000.

S. Lemeshow, D. W. H. Jr, J. Klar, and S. K. Lwanga, “Adequacy of Sample Size in Health Studies”.

D. J. Mayhew, Principles and Guidelines in Software User Interface Design. Prentice Hall, 1992. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=-u-MzQEACAAJ

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction: Theoretical and Methodological Issues,” MIS Q., vol. 15, no. 1, pp. 5–10, Aug. 1991, doi: 10.2307/249429.

W. F. S. Atapukan Ryan Ari, “PENGUKURAN USABILITY WEBSITE E-COMMERCE SAMBAL NYOSS MENGGUNAKAN METODE SKALA LIKERT,” Compiler, no. Vol 7, No 1 (2018): Mei, 2018, [Online]. Available: http://ejournals.stta.ac.id/index.php/compiler/article/view/254

Djaali, “Skala Likert,” Jakarta: Pustaka Utama, 2008.

Ea. kepuasan pengguna layanan aplikasi gojek roda dua dengan kerangka kerja pieceslvin L. Hadisaputro, E. Wandi, A. Hermawansyah, P. Studi, S. Informasi, and B. Selatan, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN APLIKASI GOJEK RODA DUA DENGAN KERANGKA KERJA PIECES,” 2019.

R. R. F. Tambunan, J. I. Sihotang, dan J. Y. Mambu, “Analisa Tingkat Kepuasan Kerja Driver Maxim Terhadap Sistem Layanan Maxim Dengan Pieces Framework,” CogITo Smart J., vol. 7, no. 2, hlm. 339–348, Des 2021, doi: 10.31154/cogito.v7i2.330.339-348.

A. Rahman and M. Hartawan Syarif, “Evaluasi Kepuasan User Interface Safe Travel Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Menggunakan End User Computing Satisfaction (Eucs),” J. Teknol. Inf. ESIT, vol. 14, no. 2, pp. 53–58, 2019.

D. Triana and W. O. Oktavianto, “Relevansi Kualifikasi Kontraktor Bidang Teknik Sipil Terhadap Kualitas Pekerjaan Proyek Konstruksi Di Provinsi Banten,” Fondasi J. Tek. Sipil, vol. 2, no. 2, pp. 182–190, 2013, doi: 10.36055/jft.v2i2.1732.

A. Kurniawan, “SPSS Serba-Serbi Analisis Statistika Dengan Cepat dan Mudah,” Jakarta: Jasakom, 2011.

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., vol. 12, no. 2, pp. 259–274, Aug. 1988, doi: 10.2307/248851.

F. D. Davis, R. P. Bagozzi, and P. R. Warshaw, “User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models,” Manage. Sci., vol. 35, no. 8, pp. 982–1003, 1989, doi: 10.1287/mnsc.35.8.982.

Downloads

Published

2024-03-05