Perototipe Knowledge Management System Untuk Mendukung Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Seci Dan Desain Mvc

Authors

  • Aso Sudiarjo Teknik Informatika Universitas Perjuangan
  • Aries Kusdaryono Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36423/ide.v1i1.282

Abstract

Perkembangan kebutuhan informasi juga sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat diantaranya dalam dunia pendidikan. Penerapan Knowledge Management di institusi pendidikan salah satunya di pondok pesantren nampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar pada era globalisasi ini. Masih Banyak Institusi pendidikan seperti pondok pesantren yang belum memiliki sarana dan prasarana teknologi informasi untuk menyimpan, bertukar pengalaman(tacit), informasi dan pengetahan (knowledge) untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sekolah yaitu guru, untuk itu dibutuhkan knowledge management yang baik, transfer knowledge yang dilakukan oleh guru-guru masih terbatas dalam forum rapat belum ada dokumentasi atau teknologi yang menyimpan tacit dan knowledge guru-guru yang berpengalaman dalam mengajar. Knowledge Management System (KMS) merupakan solusi ideal untuk mengembangkan dan meningkatkan budaya saling berbagi knowledge (sharing knowledge) antara individu maupun organisasi. Pada penelitian ini, penulis mencoba mengembangkan model knowledge management system sesuai dengan kondisi yang ada di MA Madinatunnajah pada Pondok Pesantren Madinatunnajah dengan menggunakan model SECI dalam pembentukan knowledge dan untuk analisa struktur dan desain aplikasi dengan Desain MVC. dan pengujian validasi dengan Focus Group Discussion (FGD) dan untuk pengujian Kualitas perangkat lunak dengan mengadopsi ISO 9126. Dari hasil penelitian ini adalah sebuah prototipe knowledge management system yang dapat diaplikasikan di MA Madinatunnajah sebagai solusi dalam mendukung proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengujian dengan Focus Group Discussion (FGD) memiliki nilai tanggapan baik dan diterima, serta pengujian kualitas prototipe dengan mengadopsi ISO 9126 dapat disimpulkan bahwa persentasi kualitas prototipe perangkat lunak KMS dengan kategori baik.

References

Al-Qutaish, Rafa, E. 2010, “Quality Models in Software Engineering Literature: An Analytical and Comparative Study.†Journal of American Science 6: 166-175

Becerra-Fernandez, Irma, Gonzales, et.al, Rajiv. 2004, Knowledge Management : Challenges, Solustions and Technologies, Pearson/Prentice Hall.

Burbeck, Steven. 1992, Application Programmings in Smaltalk's 80 TM: How To Use MVC, http://st- www.cs.illinois.edu/users/smarch/st-docs/mvc.html (Diakses Selasa, 16 Juni 2015).

Butler, Heavin, & O’donovan, 2007, A Theoretical Model and Framework for Understanding Knowledge Management System Implementation, Western Road, Cork City : University College Cork.

Dalkir, Kimizet. Knowledge Management in Theory And Practice. Oxford:Elseiver Inc ,2005

Davidson, Carl, V oss, Phillip. 2003, Management An Introduction to Creating competitive advantage from intellectual capital, Vision Book.

Deacon, Jhon. 2009. Model View Controller Architecture, http://www.battersea- locksmith.co.uk/briefings/MVC.pdf (diakses Rabu, 17 Juni 2015).

Driyani, Dewi 2014, Prototipe Materi ajar SMA Berbasis Knowledge Management System Dengan SoftwareDevelopmentâ€CMS Lokomediaâ€: Studi Kasus Pada SMA Negeri 23 Jakarta, Tesis, Jakarta : Universitas Budi Luhur

Jihan, Hanifah 2014, Prototipe Knowledge Management System Untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar Di Sekolah Menengah Yuppentek Tangerang, Tesis, Jakarta : Universitas Budi Luhur.

Litosseliti, L, 2003, Using Focus Group Discussion in Researh, Continum London.

Susanto, Arif 2013, Prototif Sistem E-learning Berbasis knowledge Management: Study kasus Paud Nur Rahma Tanjung, Tesis, Jakarta : Universitas Budi Luhur.

Widodo, Wahyu, 2015, Membangun Web Super Cepat Dengan CodeIgniter GroceryCRUD, Kediri: In Wahyu Widodo.

Downloads

Published

2019-11-02