Klasisfikasi Indek Kepuasan Nasabah Menggnunakan Metode Binary Classification Dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk CRM Di Asuransi Bumi Putera Bandung

Authors

  • Lugina Masri Informatika Unv. Jendral Achmad Yani
  • Tacbir Hendro Pudjiantoro Informatika Unv. Jendral Achmad Yani
  • Asep Id Hadiana Informatika Unv. Jendral Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v2i02.584

Abstract

Customer Relationship Management ( CRM ) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk dapat menciptakan dan mempertahankan suatu hubungan yang baik juga berkelanjutan dengan nasabah dan mengurangi kemungkinan para nasabah pindah ke perusahaan lain. Bumiputera Muda adalah perusahan yang bergerak di bidang asuransi umum yang berlokasikan di Kota Bandung. Asuransi merupakan hal yang penting pada saat ini untuk menjaga aset, memberikan proteksi pada hal-hal yang tidak terduga dan membatu memimalkan kerugian pada kejadian yang tidak terduga. PT. Asuransi Bumiputera Muda memiliki target nasabah/customer ialah masyarakat, instansi dan indusrti. Pada kasus yang sering ditemukan nasabah kesulitan untuk mendapakan informasi dan perkembangan pelayanan dalam menjadi nasabah asuransi dan sering kali pihak asuransi tidak dapat menangani kebutuhan nasabah tersebut secara baik akibat terbatasnya aliran informasi yang terjadi serta pihak asuransi belum mengetahui tingkat kepusan nasabah. Hal tersebut akan berdampak pada kurang harmonisnya hubungan yang terjadi antar keduabelah pihak. Disisi lain, seiring banyaknya persaingan layanan asuransi serta kompetitor mengharuskan owner memasang strategi bisnis yang difokuskan pada kepuasan nasabah serta meningkatkan kualitas hubungan dengan nasabah yang sudah ada. CRM merupakan salah satu strategi bisnis yang cocok dalam menangani permasalahan yang terjadi serta penggunaan Binary Classification dengan algoritma Naïve Bayes dapat mengetauin index kepusan dengan cara pengelolaan pada informasi kuisoner yang didapat dari nasabah. CRM sendiri memiliki 3 fungsi utama untuk perusahan yaitu Acquire, Enhance dan Retain. CRM ini dapat mengatasi permasalahan yang terjadi sehingga akan terjalinnya keharmonisan dan loyalitas nasabah dengan pihak asuransi.

References

J. P. Wildyaksanjani and D. Sugiana, “Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero),†J. Kaji. Komun., vol. 6, no. 1, p. 10, 2018, doi: 10.24198/jkk.v6i1.8754.

A. Fauzi and E. Harli, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD,†J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 1, p. 76, 2017, doi: 10.29207/resti.v1i1.16.

S. H. Umar, “70-192-1-Pb,†vol. 3, no. 2, pp. 1–12, 2016.

P. U. Warmadewa and N. K. Suryani, “Peran Customer Satisfaction Sebagai Mediator,†vol. 12, pp. 84–91, 2014.

I. W. Saputro and B. W. Sari, “Uji Performa Algoritma Naïve Bayes untuk Prediksi Masa Studi Mahasiswa,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 6, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.24076/citec.2019v6i1.178.

G. W. Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,†J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

A. Jananto, “Algoritma Naive Bayes untuk Mencari Perkiraan Waktu Studi Mahasiswa,†Teknol. Inf. Din., vol. 18, no. 1, pp. 9–16, 2013.

H. Zakaria and A. E. Marlia, “Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) untuk Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Customers Berbasis Web dengan Model Waterfall,†J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 2, no. 2, p. 66, 2019, doi: 10.32493/jtsi.v2i2.2804.

I. Kurniawan, A. Wahyuddin, and Y. Nurhayati, “Implementasi Customer Relationship Management,†Nuansa Inform. J. Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, pp. 1–10, 2012.

A. I. Hadiana and W. Witanti, “Analisis Jejaring Sosial Menggunakan Social Network Analysis untuk Membantu Social CRM bagi UMKM di Cimahi (Social Network Analysis Using Social Network Analysis to Help Social CRM for MSMEs in Cimahi),†Saintiks FTIK UNIKOM, p. VI.29-VI.36, 2017.

M. P. Babar and M. Saitakela, “Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Pada Klinik Valerie Beauty,†JITU J. Inform. Technol. Commun., vol. 3, no. 1, pp. 58–63, 2019, doi: 10.36596/jitu.v3i1.74.

C. Fadlan, S. Ningsih, and A. P. Windarto, “Penerapan Metode Naïve Bayes Dalam Klasifikasi Kelayakan Keluarga Penerima Beras Rastra,†J. Tek. Inform. Musirawas, vol. 3, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.32767/jutim.v3i1.286.

K. Aeni et al., “Prediksi Kepuasan Layanan Akademik Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,†vol. 7, no. 3, 2020.

W. Muslehatin and M. Ibnu, “Penerapan Naïve Bayes Classification untuk Klasifikasi Tingkat Kemungkinan Obesitas Mahasiswa Sistem Informasi UIN Suska Riau,†Semin. Nas.

Published

2021-08-02