Sistem Pendukung Keptusan Rekomendasi Jurusan Dengan Metode Naïve Bayes

Authors

  • Yudha Putera Pratama Universitas nusaputra

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v3i1.692

Abstract

Semakin banyaknya jurusan yang tersedia di SMA maka akan semakin sulit bagi siswa untuk menentukan jurusan yang tepat dengan kemampuan yang sudah dimilikinya. Tidak tepatnya dalam jurusan akan memberikan pengaruh negatif bagi siswa tersebut untuk masa depannya, kebanyakan siswa memilih jurusan hanya mengikuti teman saja bukan karena minat dan bakat siswa tersebut, sehingga akan memberikan kesan belajar yang tidak nyaman. Oleh karena itu calon siswa dan siswi harus benar-benar untuk mempertimbangkan jurusan yang akan dipilihnya sesuai dengan minat dan bakat siswa tersebut. Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat melakukan perhitungan nilai, kemampuan, serta minat yang dimiliki siswa tersebut untuk memilih jurusan yang tepat. Pada penelitian ini menggunakan metode naive bayes guna untuk menghitung nilai, dan minat siswa. Hasil dari implementasi dari sistem pendukung keputusan ini juga dapat mempermudah dari pihak sekolah dalam menentukan atau merekomendasikan  jurusan secara cepat dan tepat.

References

M. Safii and A. Zulhamsyah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mekanik Sepeda Motor Yamaha Alfascorfii Dengan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., 2018, doi: 10.30645/j-sakti.v2i2.79.

D. Warasto, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN EVALUASI KINERJA MAHASISWA DENGAN METODE PROFILE,†J. Inform., 2016, doi: 10.26555/jifo.v10i1.a3350.

D. Sartika and D. Indra, “Perbandingan Algoritma Klasifikasi Naive Bayes, Nearest Neighbour, dan Decision Tree pada Studi Kasus Pengambilan Keputusan Pemilihan Pola Pakaian,†J. Tek. Inform. Dan Sist. Inf., 2017.

W. W. Widiyanto, “Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad),†J. Inf. Politek. Indonusa Surakarta ISSN, 2018.

J. Dermawan, “Implementasi Model Waterfall Pada Pengembangan Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Al-Azhar Syifa Budi Jatibening,†Paradigma, 2017.

E. R. Vini Novika Sari,Lola Yorita Astri, “ANALISISi DAN PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK EVALUASI KINERJA KARYAWAN PADA PT. PELITA WIRA SEJAHTERA,†J. Ilm. Mhs. Tek. Inform., 2020.

C. Fadlan, S. Ningsih, and A. P. Windarto, “PENERAPAN METODE NAÃVE BAYES DALAM KLASIFIKASI KELAYAKAN KELUARGA PENERIMA BERAS RASTRA,†J. Tek. Inform. Musirawas, 2018, doi: 10.32767/jutim.v3i1.286.

A. Supriyatna and W. P. Mustika, “Komparasi Algoritma Naive bayes dan SVM Untuk Memprediksi Keberhasilan Imunoterapi Pada Penyakit Kutil,†J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., 2018, doi: 10.30645/j-sakti.v2i2.78.

Z. Qiron, “‘DESAIN MESIN PENYERUT JAGUNG MUDA DENGAN SKALA RUMAH TANGGA,’†Progr. Stud. Tek. Mesin, Fak. Tek. Univ. Islam Malang, 2011.

E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, 2018.

P. H. Simbolon, “Implementasi Data Mining Pada Sistem Persediaan Barang Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Srikandi Cash Credit Elektronic dan Furniture ),†J. Ris. Komput., 2019.

T. U. Putri, M. H. Izman, and S. Dian, “Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Strategi Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Menggunakan Metode Clustering,†Univ. Bina Darma, 2014.

J. Eska, “Penerapan Data Mining Untuk Prekdiksi Penjualan Wallpaper Menggunakan Algoritma C4.5 STMIK Royal Ksiaran,†JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), 2016.

Downloads

Published

2021-05-31