PERAN WALI KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V DI MASA ENDEMI SD NEGERI SOMOGEDE KECAMATAN PITURUH PURWOREJO

Authors

  • Suratman Universitas PGRI Yogyakarta
  • Arip Febrianto Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V di SD Negeri Somogede. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang didapatkan yakni Wali kelas V, Kepala Sekolah, dan 3 siswa kelas V sebagai subyek penelitian. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa dimasa endemi yakni, 1) Wali kelas menata dan mengelola ruang kelas menjadi bentuk seperti huruf U, 2) Wali kelas selalu memeriksa kehadiran siswa dengan melakukan presensi dikelas, 3) Metode yang dilakukan guru untuk membentuk karakter disiplin siswa adalah dengan metode penugasan, 4) Wali kelas memberikan teladan dan contoh bagi siswa dalam hal disiplin, 5) Wali kelas memberikan penilaian terhadap siswa untuk mengetahui perubahan sikap, tingkah laku dan tanggung jawab siswa, 6) Wali kelas bersama dengan kepala sekolah akan memberikan punishment kepada siswa yang melanggar tata tertib serta memberikan reward bagi siswa yang disiplin, 7) Wali kelas berkunjung kerumah siswa untuk mengetahui keadaan siswa.

References

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Rosda Karya Remaja.

Arifin, M. 2003. Filsafat Pendidikan Islam (Edisi Revisi), Jakarta, PT. Bumi. Aksara

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.

Dewa Ketut Sukardi. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Doni Koesoema A. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta : PT Gramedia Widia sarana.

Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an. 8. 10.31316/esjurnal.v8i1.1049

Faiz, F., Nurhadi, N., & Rahman, A. (2021). Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Pada Sekolah Berbasis Asrama. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 309-326.

Febrianto, Arip & Dewi Shalikhah, Norma. 2021. MEMBENTUK AKHLAK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DENGAN PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

Hadianti, L. S. 2017. Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa. Penelitian deskriptif analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 2 (1), 1-8

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: UNS Press&Yuma Pustaka.

Petriani, E., & Ananda, A. (2018). Peran Dan Fungsi Wali Kelas Dalam Pembinaan Perilaku Siswa Di Smp Negeri 33 Padang. Journal of Civic Education, 1(3), 289-296.

Soerjono Soekanto. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Press

Suryobroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka cipta

Unzer Usman, M. 2002. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Downloads

Published

2024-04-08

How to Cite

Suratman, & Febrianto, A. (2024). PERAN WALI KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V DI MASA ENDEMI SD NEGERI SOMOGEDE KECAMATAN PITURUH PURWOREJO. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 2(2), 23–36. Retrieved from https://e-journal.unper.ac.id/index.php/piwuruk/article/view/1614