PERAN WALI KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V DI MASA ENDEMI SD NEGERI SOMOGEDE KECAMATAN PITURUH PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V di SD Negeri Somogede. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang didapatkan yakni Wali kelas V, Kepala Sekolah, dan 3 siswa kelas V sebagai subyek penelitian. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran wali kelas dalam membentuk karakter disiplin siswa dimasa endemi yakni, 1) Wali kelas menata dan mengelola ruang kelas menjadi bentuk seperti huruf U, 2) Wali kelas selalu memeriksa kehadiran siswa dengan melakukan presensi dikelas, 3) Metode yang dilakukan guru untuk membentuk karakter disiplin siswa adalah dengan metode penugasan, 4) Wali kelas memberikan teladan dan contoh bagi siswa dalam hal disiplin, 5) Wali kelas memberikan penilaian terhadap siswa untuk mengetahui perubahan sikap, tingkah laku dan tanggung jawab siswa, 6) Wali kelas bersama dengan kepala sekolah akan memberikan punishment kepada siswa yang melanggar tata tertib serta memberikan reward bagi siswa yang disiplin, 7) Wali kelas berkunjung kerumah siswa untuk mengetahui keadaan siswa.
References
Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Rosda Karya Remaja.
Arifin, M. 2003. Filsafat Pendidikan Islam (Edisi Revisi), Jakarta, PT. Bumi. Aksara
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.
Dewa Ketut Sukardi. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Doni Koesoema A. 2007. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta : PT Gramedia Widia sarana.
Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an. 8. 10.31316/esjurnal.v8i1.1049
Faiz, F., Nurhadi, N., & Rahman, A. (2021). Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Pada Sekolah Berbasis Asrama. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 309-326.
Febrianto, Arip & Dewi Shalikhah, Norma. 2021. MEMBENTUK AKHLAK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DENGAN PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
Hadianti, L. S. 2017. Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa. Penelitian deskriptif analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 2 (1), 1-8
Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: UNS Press&Yuma Pustaka.
Petriani, E., & Ananda, A. (2018). Peran Dan Fungsi Wali Kelas Dalam Pembinaan Perilaku Siswa Di Smp Negeri 33 Padang. Journal of Civic Education, 1(3), 289-296.
Soerjono Soekanto. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali Press
Suryobroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka cipta
Unzer Usman, M. 2002. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.