DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PULOSAREN KABUPATEN WONOSOBO

Authors

  • Wahyu Universitas PGRI Yogyakarta
  • Arip Febrianto Universitas PGRI Yogyakarta

Keywords:

minat belajar, pembelajaran daring, siswa kelas IV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Faktor penyebab menurunnya minat belajar siswa kelas IV SDN 2 Pulosaren dalam proses pembelajaran daring; (2) Upaya apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 2 Pulosaren dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dan guru wali kelas IV. Pengumpulan data menggunakan metode obserasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/vertifikasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa tidak dapat memahami materi yang diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran. (2) Siswa cepat merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran daring. (3) Kurangnya perhatian orang tua terhadap proses belajar siswa dikarenakan orang tua terlalu sibuk bekerja. Beberapa upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu: (1) Memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. (2) Memberikan saran kepada guru untuk lebih kreatif dalam melakukan proses pembelajaran. (3) Memberikan masukan kepada orang tua siswa agar lebih memperhatikan proses belajar siswa.

References

Abu Ahmadi, 2009. Psikologi Umum. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Arief S. Sadiman, dkk. 2014. Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 55- 61.

Firman & Sari. (2020). Pembelajaran Daringdi Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02.

Hakim, Lukman Nul. 2013. Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Pusat Pengkajian, Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI. 167-179.

Handarini, O. I. dan Wulandari, S. S. 2020. “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19”. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8 (3): 498.

Haryono, Sugeng. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 3(3): 261-274. Tersedia pada https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/939/874. Diakses tanggal 14 November 2020.

Kuntarto, E. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Indonesian Language Education and Literature, 3(1): 99-110.

Nasution. 2008. Asas – Asas Kurikulum. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar-mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Windhiyana, E. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Persepktif ilmu pendidikan, 34(1), 1-8.

Downloads

Published

2024-04-08

How to Cite

Teguh Nestafa, W., & Febrianto, A. (2024). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PULOSAREN KABUPATEN WONOSOBO. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 2(2), 14–22. Retrieved from https://e-journal.unper.ac.id/index.php/piwuruk/article/view/1613