MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP PENJUMLAHAN BIANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET MELALUI PENDEKATAN PMRI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v1i1.640

Keywords:

Pembelajaran Sekolah Dasar, media pembelajaran

Abstract

Abstract: This research was motivated by the students' low understanding of the sum of whole numbers which only achieved 23.53% completeness. The purpose of this study was to improve the students' ability to understand the concept of adding whole numbers less than 99 using concrete media with the PMRI approach. This research is a Classroom Action Research (PTK) using Kurt Lewin's research model which consists of 4 stages, namely: planning, implementing action, observation and reflection. Data were obtained from giving 3 evaluations to 34 class I SDN Cikalong students that had to be done individually, observations of student activities during learning including activeness, initiative, concentration, and collaboration, and documentation in the form of photos during learning. The use of concrete media with the PMRI approach can increase the ability to understand the concept of summing whole numbers. This is indicated by the increase in the average test of students' ability to understand the concept of addition in the evaluation of each cycle. In the first cycle the class average value achieved was 56.53 with the proportion of completeness learning 41.18%. Then in the second cycle the increase in the increase again is equal to 95.24 with the proportion of completeness of learning reaching 100%.Keywords: Concrete Media; PMRI Approach; Addition of Count Numbers. Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi penjumlahan bilangan cacah yang hanya mencapai ketuntasan 23,53%. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep penjumlahan bilangan cacah kurang dari 99 menggunakan media  konkret dengan pendekatan PMRI. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model penelitian Kurt Lewin yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh dari pemberian 3 buah soal evaluasi kepada 34 siswa kelas I SDN Cikalong yang harus dikerjakan secara individu, observasi terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran meliputi keaktifan, inisiatif, konsentrasi, dan kerjasama, serta dokumentasi berupa foto- foto saat pembelajaran. Penggunaan media konkret dengan pendekatan PMRI pada dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami konsep penjumlahan bilangan cacah. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata tes kemampuan memahami konsep penjumlahan siswa melalui evaluasi pada tiap siklus nya. Pada siklus I nilai rata-rata kelas yang dicapai adalah 56,53 dengan persentase ketuntasan belajar 41,18%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan kembali yaitu sebesar 95,24 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 100%.Kata Kunci: Media Konkret; Pendekatan PMRI; Penjumlahan Bilangan Cacah.

References

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204-214.

Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2020, October). Pengaruh Pendekatan Pmri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Glover, David. 2006. Pembelajaran Matematika. Grafindo Media Pratama. Jakarta.

Jean Piaget. 1932. The moral judgment of the child. London: Routledge & Kegan Paul, Ltd.

Marhamah, M., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2014). Pengembangan Materi Ajar Pecahan dengan Pendekatan PMRI di SD Negeri 21 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 5(2), 121863.

Sidik, Geri S., & Wakih, Agus A. 2019. Kesulitan Belajar Matematik Siswa Sekolah Dasar pada Operasi Hitung Bilangan Bulat. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 1, 461-470.

Syarifah, N. (2018). Peningkatan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi Pecahan melalui pendekatan Realistics Mathematics Education pada siswa Kelas II MI Al Ikhlash Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel).

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1).

Downloads

Published

2021-02-09

How to Cite

Tita, T., Suryana, Y., & Sidik, G. S. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP PENJUMLAHAN BIANGAN CACAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET MELALUI PENDEKATAN PMRI. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 24–32. https://doi.org/10.36423/pjsd.v1i1.640