MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Authors

  • Dedeng Febriana Hakim SDN 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v1i1.639

Keywords:

Pembelajaran Sekolah Dasar

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to describe the use of scientific learning models in plans for implementing learning, implementing learning, and improving student learning outcomes. The research method used was Classroom Action Research (CAR). This study consisted of two cycles, each of which was conducted two meetings. Each cycle consists of four stages, namely 1) planning, 2) implementation, 3) observation / observation, and 4) reflection.The results of the study in the first cycle of preparing a learning implementation plan          to obtain results in the pre cycle 55.83% with very less criteria. Then in cycle I obtained a value of 80.83% with good criteria and in cycle II obtained a value of 97.5 with very good criteria. Meanwhile, observations of observations of learning implementation obtained results that increased from 40% in the pre cycle, to 73, 33% in the first cycle in the "Good" category, to 93.33% in the second cycle in the "Very Good" category. Learning outcomes have increased in the tes awal 55.53 then in the tes cycle I increased to 69.47, and in the tes cycle II increased to 82.50. The percentage of mastery learning in preâ€test reached 39.47%, in the first cycle reached 68.42% and in the second cycle was 89.47%. So that the conclusions in this study are in accordance with the initial hypothesis which states that a scientific approach can produce student learning outcomes in the material development of communication technology.Keywords: Scientific Approach; Learning Outcomes; Development of Communication Technology. Abstrak: Artikel penelitian ini mendeskripsikan penggunaan pendekatan saintifik dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan peningkatan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan/observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian pada siklus I penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil pada pre siklus 55,83% dengan kriteria sangat kurang. Kemudian pada siklus I memperoleh nilai 80,83% dengan kriteria baik dan di siklus II memperoleh nilai 97,5 dengan kriteria sangat baik.sementara itu, hasil observasi pengamatan pelaksanaan pembelajaran memperoleh hasil mengalami peningkatan yaitu dari 40% pada pre siklus, menjadi 73,33% pada siklus I dengan kategori “Baikâ€, menjadi 93,33% pada siklus II dengan kategori “Sangat Baikâ€. Hasil belajar mengalami peningkatan pada tes awal 55,53 kemudian pada tes siklus I meningkat menjadi 69,47, dan pada tes siklus II meningkat menjadi 82,50. Prosentase ketuntasan belajar pada tes awal mencapai 39,47%, pada siklus I mencapai 68,42% dan pada siklus II adalah 89,47%. Sehingga kesimpulan pada penelitian ini sesuai dengan hipotesis awal yang menyatakan bahwa dengan pendekatan saintifik dapat menghasilkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi komunikasi.Kata Kunci: Pendekatan Saintifik; Hasil Belajar; Perkembangan Teknologi Komunikasi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta:Aditya Media Daryanto.

Depdiknas. (2008). Sistem Penilaian KTSP: Panduan Penyelenggaraan Remedial

Gunawan, G. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw dalam Peningkatan Proses dan hasil belajar ips pada siswa kelas v sd. Kalam cendekia pgsd kebumen, 3(2).

Iskandar. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press (GP Press).

Kesuma, D. dkk. (2013) Bahan ajar pendidikan profesi guru sekolah dasar. Bandung: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Mahendra, Hatma Heris.(2017). Pengembangan Bahan Ajar Flash Book Sejarah Peradaban Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. DWIJACENDEKIA:Jurnal Riset Pedagogik Vol 1, No 2.

Nofiaturrahmah, Fifi.(2015). Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk MI Yang Menyenangkan. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal Vol 3, No 2

Puskur. (2007). Kajian Kebijakan Kurikulum Keterampilan. Depdikbud.

Sapriya. (2014). Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. (2012). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-02-09

Issue

Section

Articles