PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC SHAPE BARUMATIK (BANGUN RUANG MATEMATIKA) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KELAS V
Keywords:
Media Magic Shape BARUMATIK, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan minat, keefektifan dan kelayakan pengembangan setelah menggunakan media Magic Shape BARUMATIK untuk pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang Matematika. Penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Ngaglik tahun 2021/2022 berjumlah 5 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif, kuantittaif statistic deskriptif yang meliputi uji prasyarat dan uji paired-test. Hasil penelitian ini berupa media pengembangan Magic Shape BARUMATIK dengan kelayakan dari ahli materi, ahli media dengan masing-massing skor 91 dan 92 kategori sangat baik. Hasil penliaian siswa dengan rata-rata pretest dan posttest dengan nilai 73 dan 81. Berdasarkan hasil uji paired-test diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,039 < 0,05 maka Ha diterima dan terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan posttest. Keefektifan media Magic Shape BARUMATIK berbasis interaktif dilihat melalui nilai rata-rata pretest siswa 73 dan nilai rata-rata posttest siswa 81, maka nilai posttest siswa lebih besar dari nilai pretest siswa. Media Magic Shape BARUMATIK berbasis interaktif menunjukkan efektif terhadap peningkatan minat belajar siswa.
References
Airtanah, A. (2014). Bab ii kajian teori. Bab Ii Kajian Teori, 1, 9–34.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah.
Bahan Ajar Cetak: Clara Ika Sari Budhayanti, dkk. 2008. PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. DIREKTORAT JENDRAL PENDIDIKAN TINGGI DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
Buku BSE Matematika 4, untuk SD/MI Kelas 4. 2009. Suparti dkk. Depdiknas.
Borg. W.R. dan Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Haryati, S. (n.d.). SEBAGAI SALAH SATU MODEL PENELITIAN. 11–26.
Itamar,Gati, & Itay Asher, 2001. The PIC Model for Career Decision Making: Prescreening, In-Depth Exploration, and Choice. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers Mahwah
KI&KD Permendikbud_Tahun 2016_Nomor 024_Lampiran_14
Mayer, Richard. E. (2009). Multimedia Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Rizal Farista, I. A. M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 53(9), 1689–1699. http://eprints.umsida.ac.id/id/ eprint/1267
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316
Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA CV
Utari, Unga. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS. Vol. 1 No. 1 April 2016, Issn 2503 – 1201
Umbara, U. 2015. “Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Budaya Masyarakat dalam Pembelajaran Matematika Realistik”, Kumpulan Makalah Seminar ACER-N
Universitas Pasundan, Volume 1, 2015.
Yazdi, Mohammad.2012.”E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi”. Jurnal ilmiah foristek.2 (1) : 143-147.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.