Analisis Motivasi Siswa Dalam Belajar Tatap Muka

Penelitian Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 4 Cibunigeulis

Penulis

  • windy marliana pgsd
  • Dedi Heryadi Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Fajar Nugraha

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i2.1293

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik pada saat tatap muka dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi gaya belajar peserta didik di kelas IV SDN Cibunigelis. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan cara reduksi, display, dan kesimpulan. Sumber data penelitian ini diantaranya: peserta didik dan pendidik. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar peserta didik pada tatap muka dengan ciri cenderung lebih mampu memahami pembelajaran dengan mengamati pendidik ketika menyampaikan materi, serta lebih semangat dan rajin dalam mengerjakan tugas, dengan dipengaruhi oleh peserta didik yang memiliki semangat dan kesiapan belajar yang baik. ke 3 peserta didik memiliki motivasi yang berbeda yang di berikan oleh pendidik , Peserta didik RA secara umum mampu mengamati pendidik saat menyampaikan pembelajaran dengan baik, RA lebih mampu membaca dan menulis dengan cukup baik. suka mendapat perhatian baik itu secara lisan maupun tindakkan dan  pandai dalam bercerita. RA mampu menceritakan kembali apa yang di sampaikan pendidik. Aspek Motivari di berikan yaitu dengan memberi Apresiasi Pada Peserta didik ketika semangat dalam Belajar Menulis dan Membaca. Peserta didik YIH yang awalnya kurang fokus dalam memperhatikan pendidik pada saat menympaikan materi, namun sekarang sudah lebih baik dalam memperhatikan pendidik saat mengajar setelah diberikan motivasi bahwa belajar di ruangan adalah cara pembelajaran yang membuat semangat YIH lebih memperhatikan ketikan pendidik menyampaikan materi. Peserta didik PA setelah dikenalkan motivasi belajar PA menjadi lebih baik dalam memperhatikan pendidik saat mengajar, membaca sudah cukup bagus, namun dalam menulis belum terlalu rapi. PA juga sudah mengurangi menggoda temannya untuk sekedar mengobrol, perubahan pada diri PA lebih mencolok adanya hasrat keinginan berhasil dalam belajar yaitu dengan dikasih pujian pada saat PA dihadapkan suatu masalah dalam kesulitan belajar namun PA tidak pernah putus asa. Faktor gaya belajar peserta didik diantaranya dipengaruhi oleh kondisi kesehatan, hubungan peserta didik dengan pendidik atau denga orang tua, serta lingkungan diri mereka sendiri saat belajar di rumah yang bisa mempengaruhi peserta didik belajar di sekolah.

Referensi

damyati (2017). “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Diera Covid-19 Pada SMK Negeri 1 Manado”. Grace Cillya Legesang, Herry Sumual, Mario Tulenan Parinsi, 2021.

Hadikusumo(1996). “Fungsi dan Tujuan Pendidikan”. I Wayan Cong Sujana, 2019

http://repositori.unsil.ac.id/618/4/BAB%20II.pdf

http://repository.radenfatah.ac.id/19408/2/2.pdf

http://repository.unpas.ac.id/49096/7/BAB%20II%20KAJIAN%20TEORI.pdf

https://eprints.uny.ac.id/19597/1/ADITYA%20NUGROHO%20%2809503244013%29.pdf

https://eprints.uny.ac.id/19606/1/Anton%20Kurniawan%2006208244009.pdf

Kompri (2016:232) “ Motivasi Dalam Pembelajaran”. Thea Philia, 2019.

Kusuma & Hamidah (2020).“Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19”. Nur Khairiyah Mar’aha, 2020.

Lita Izzatunnisa Universitas Jakarta (2021) “Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah” Lita Izzatunnisa1, 2021.

Marliani, R. (2021). PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SAAT PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN SAAT PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 SUMEDANG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Muhammad Fauzi (2020). “Strategi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19”. Muhammad Fauzi, 2020. Kemendigbud.go.id, 08 April 2021.

Rian Irwinsyah (2020). “Persepsi Guru Dalam Konsep Pendidikan (Studi Pada Penerapan Merdeka Belajar Di Sma Negeri 5 Takalar)”. Kasmawati, 2021.

Rigianti (2020). “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Mahasiswa Pgmi Di Tengah Pandemi Covid-19”. Immawati Nur Aisyah Rivai, 2021.

RL, M. A. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring di Rumah. TARBAWI, 9(2), 129-140.

Seftiani, D. S., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6412-6418.

Suttrisno (2021). “Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah”. Suttrisno, 2021.

Syarifuddin Syarifuddin, St Aisyah, Yuli Triana (2021). “Meningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tatap Muka Usai Belajar Online Akibat Pandemi Covid-19” Syarifuddin, 2022.

Uno (2008). “Pengertian Motivasi Belajar Siswa, Bentuk dan Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar”. Aina Mulyana, Agustus 2022.

Wahyu Tahmid Sabri (2020) “Analisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Kelas VI”. Wahyu Tahmid Sabri, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-14

Cara Mengutip

Marliana, W., Heryadi, D., & Nugraha, F. (2025). Analisis Motivasi Siswa Dalam Belajar Tatap Muka: Penelitian Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 4 Cibunigeulis. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 3(2), 59–74. https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i2.1293