PENGEMBANGAN BAHAN AJAR VIDEO BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS 2 MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v3i2.1309Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar video berbasis powtoon pada pelajaran PKn pada siswa kelas 2 MI/SD yang layak di gunakan dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Proyek yang dikembangkan adalah Bahan Ajar Video PPKN Kelas 2 MI/SD. Penelitian pengembangan ini dimodifikasi dari model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen dalam penelitian meliputi penilaian proyek. Data uji kevalidan diperoleh dari lembar validasi berdasarkan penilaian para validator ahli. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 validator yaitu 3 dosen ahli. Hasil validasi ahli media dan ahli materi dari penelitian ini sebagai berikut, berdasarkan hasil validasi ahli bahan ajar video berbasis powtoon dari validator ahli media mendapatkan rata-rata 94,2% dan hasil validator ahli bahasa menunjukan rata-rata total 80% dan hasil validator ahli materi menunjukan rata-rata total 88,5%. Berdasarkan beberapa hasil validasi dari para ahli yang telah dikemukakan, maka Bahan Ajar Video PKn Kelas 2 MI/SD dinyatakan valid dan layak digunakan.
Referensi
Angganingrum Shinta Hapsari, Muhammad Hanif, Gunarhadi, Roemintoyo, (2019),
Motion Graphic Animation Videos to Improve the Learning Outcomes of
Elementary School Students, European Journal of Educational Research,
Volume 8, Issue 4.
Chairiyah, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Benime
Tema Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas III
SDN 101893 Bangun Rejo, Jurnal Handayani, Vol. 12 No. 2
Eci Widyawati, 2021. Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada
Pembelajaran Tematik Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD/MI. Universitas
Islam Negeri Raden Intan Lampung
Ega Safitri, 2021. Studi Literatur: Pengembangan media pembelajaran dengan video
animasi powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 1 (2),
-80
Hanif Muhammad, (2020), The Development and Effectiveness of Motion Graphic
Animation Videos to Improve Primary School Students’ Sciences Learning
Outcomes, Jurnal Internasional Instruksi, Vol.13(3)
Indah Mafazatin Nailiah, Erwin Rahayu Saputra, . Pengembangan Media Ict Berbasis
Video Animasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD.
Lumturie Bajramia, Merita Ismailia,2016. The Role of Video Materials in EFL
Classrooms.
Ni Komang Rina Ariani, Made Sumantri , Desak Putu Parmiti, (2020), Pengembangan
Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes untuk Siswa, Jurnal Ilmiah Pendidikan
Profesi Guru, Vol. 3 No. 2
Ricky Yoshua, Dkk, 2022. Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Fisika Berbasis
Powtoon Pada Materi Pemanasan Global. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Pendidikan Fisika 3 (1), 72-79
Vannisa Aviana Melinda, Nyoman Sudana Degeng, Dedi Kuswandi, Pengembangan
Media Video Pembelajaran Ips Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V
SDNU Kraton Kencong, Jinotep (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran)
Yuan Anisa, Meilisa Malik, Tantri Octora Dwi Syah Putri, Muhammad Hafiz, Nanda
Novita, 2023. Animaker Animation Video Design as a Digital-Based Learning
Media With the Theme of Comparison and Scale in Elementary School. Vol 4 No
Widyawati Eci, 2021. Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada
Pembelajaran Tematik Tema Berbagai Pekerjaan Kelas IV SD/MI. UIN Raden
Intan Lampung.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.