PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING

Authors

  • Hatma Heris Mahendra Sinta Id (6120164) Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Siti Parida Parohah Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Yus Darusman Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i1.2330

Keywords:

Model Pembelajaran Snowball Throwing, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek 26 siswa kelas IV, terdiri atas 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan yang ditentukan melalui total sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, angket, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, observasi untuk melihat peningkatan selama proses pembelajaran, angket untuk mengetahui respons siswa terhadap penerapan model, serta dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan penelitian. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Pada siklus I terdapat 12 siswa (46,3%) yang mencapai ketuntasan dengan rata-rata nilai 69,5, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (92,4%) dengan rata-rata nilai 86. Dengan demikian, penerapan model Snowball Throwing terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan telah memenuhi indikator keberhasilan penelitian sebesar 80%.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Hasil Belajar.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan

Aunurrahman. (2013).Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, hal: 47, 140.

Herawati, dkk. (2013). Perbedaan Prestasi Belajar Snowball Throwing dan Talking Stick Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Penelitian Geografi. Volume 1, No 4

Husna. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Jurnal Peluang. 1(2).

Julianto. (2018). Pengaruh Model PBL Berbantuan Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Pengambilan Keputusan Mata Pelajaran IPA Kelas V. Jurnal PGSD. 06(03): 280-290

Junisa, A. (2016). PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SD. Jurnal.

Karmilah. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. NU MATHOLIUL HUDA KEDUNGSARI GEBOG KUDUS. Skripsi.

Melati, H.A. (2017). “Peningkatan Efektifitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi True Or False Berbantuan Media Flash.”

Nashuri. (2017). Kefektifan Pembelajaran Snowball Throwing Berban-tuan Lembar Kegiatan Siswa. Unnes Jour-nal of Mathematics Education. 1 (1) 20-25

Reski, S. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Sugiyono. (2014). Model penelitian kuantitatif, kualitati. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2011). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alpabeta.

Sugihartono, dkk.(2010). Pisikolog _rofession. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Mahendra, H. H., Parohah, S. P., & Darusman, Y. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 5(1), 8–18. https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i1.2330