ANALISIS PERENCANAAN BISNIS PENGOLAHAN BUAH NAGA MENJADI PRODUK MIBUGA PADA PT TRISNA NAGA ASIH KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Doni Sahat Tua Manalu Sekolah Vokasi, IPB University
  • Ninda Aulina Sekolah Vokasi IPB

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v5i2.791

Abstract

PT Trisna Naga Asih adalah produsen buah naga di Jawa Barat yang terletakĀ  di Kabupaten Subang. Pada saat pascapanen buah naga dilakukan sortasi dan grading, namun terdapat buah yang tidak terserap oleh pasar dinamakan sebagai premium grade C sebanyak rata-rata dalam setahun 369,7 kg/bulan sehingga dapat menjadi kelemahan bagi PT Trisna Naga Asih. Buah Naga selain dikonsumsi secara langsung, dapat dijadikan sebagai produk turunan salah satunya mi. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan dan mengkaji ide perencanaan bisnis baru berupa produk mi buah naga. Metode penelitian yang digunakan untuk pemilihan lokasi penelitian adalah purposive sampling dengan alasan salah satu produsen buah naga terbesar di Jawa Barat. Matriks Internal Eksternal (IE) digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan dan metode studi kelayakan bisnis digunakan untuk menganalisis aspek non finansial dan finansial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh perusahaan adalah strategi WO. Berdasarkan analisis non finansial dan finansial ide perencanaan bisnis pengolahan buah naga menjadi Produk Mibuga pada PT Trisna Naga Asih Kabupaten Subang layak dijalankan.

Downloads

Published

2021-08-30

Issue

Section

Articles