PERAN ORIENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAINNG DAN KINERJA PEMASARAN KOMODOTI BUAH MANGGIS KABUPATEN TASIKMALAYA

Authors

  • Ari Arisman Universitas Perjuangan
  • Adhitya Rahmat Taufiq Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v4i2.491

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing dan dampaknya pada kinerja pemasaran komoditi buah manggis di Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan tekknik survey kepada 108 petani buah manggis yang berada di Kabupaten Tasimalaya. Hasil penelitian dengan menggunakan alat analisis SEM menunjukan bahwa orientasi pasar secara langsung mampu menciptakan keunggulan bersaing dan keunggulan bersaing ini mampu berkonstribusi dalam meningkatkan kinerja pemasaran komoditi buah manggis di Kabupaten Tasikmalaya.

References

Anjaningrum, W. D., & Rudamaga, H. (2019). Creative Industry: Enhancing Competitive Advantage and Performance. Asia-Pacific Management and Business Application, 7(3), 123-146.

Bharadwaj, S. G., Varadarajan, P. R., & Fahy, J. (1993). Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research Proposition. Journal of Marketing, 57(4), 83–100.

David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis Konsep. Salemba Empat. Jakarta.

Day, G. ., & Wensley, R. (1988). Assesing Advantage : A Framework for Diagnostic. Competitive Superiority. Journal of Marketing, 52(April).

Ferdinand, A. (2005). Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Stratejik, Research Paper Series. Seri Penelitian Manajemen. No.01/Mark/01/2000, Seri.

Manek, D. (2013). Analisis pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada perusahaan pengolahan di kota semarang. Sains Pemasaran Indonesia, XII(2), 121–148.

Merakati, I., Rusdarti, R., & Wahyono, W. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114 – 123.

Muis, I. (2020). Marketing Strategy and Capability as the Mediators in Relationship of Market Orientation and Export Performance: A Case Study of Rattan Processing SMEs. Binus Business Review, 11(1), 31-42.

Narver, J. C., & Slater, S. F. (2012). The Effect of Market Orientation on Business Profitability. Developing a Market Orientation, 54(4), 45–78. https://doi.org/10.4135/9781452231426.n3

Porter, M. E. (2008). Competitive Advantage (Keunggulan Bersaing): Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul. Tangerang: Kharisma Publishing.

Titahena, D. A., Syukur, A., & Dwiarso, U. (2012). Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran dengan Intervening Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Industri Menengah dan Besar Mebel dan Furniture di Kota Semarang). Jurnal Manajemen Universitas Dian Nuswantoro.

Usvita, M. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening (Survey pada UKM Pangan Dinas PERINDAGTAMBEN Kota Padang).

Winata, A. Y. S. (2010). Mengukur Kinerja Pemasaran : Kajian Konseptual dan Perkembangan Teori. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 10(September), 119–135.

Waheed, A., Khan, S. Z., Arshad, S., Rafique, K., & Laeeq, M. (2018). How Market Orientation Helps to Gain Competitive Advantages in New Product Offering. IJAMEE.

Downloads

Published

2020-10-07

How to Cite

Arisman, A., & Taufiq, A. R. (2020). PERAN ORIENTASI PASAR DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAINNG DAN KINERJA PEMASARAN KOMODOTI BUAH MANGGIS KABUPATEN TASIKMALAYA. Jurnal Hexagro, 4(2). https://doi.org/10.36423/hexagro.v4i2.491

Issue

Section

Articles