PENGARUH JENIS SOCIALMEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIBIT DURIAN MUSANGKING

Authors

  • Rahel Anggun Pramita Universitas Udayana
  • Ketut Budi Susrusa Universitas Udayana
  • Gede Mekse Korri Arisena Universitas Udayana https://orcid.org/0000-0001-8162-4947

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v6i2.924

Abstract

Bibit durian Musangking memiliki potensi besar dalam penjualan durian Musangking secara global hingga ke seluruh dunia. Toko Trubus merupakan perusahaan retail bidang pertanian yang menawarkan produk pertanian, seperti tanaman, media informasi, sarana produksi dan produk olahan herbal, dan memiliki produk unggulan pada bibit durian Musangking. Pada masa pandemi Covid-19, penjualan pada toko cabang Toko Trubus mengalami penurunan diakibatkan pengurangan mobilitas. Dampak yang terlihat salah satunya pada penjualan bibit durian Musangking. Penelitian ini bertujuan yaitu: 1) mengkaji karakteristik konsumen bibit durian Musangking, 2) menganalisis pengaruh jenis media sosial terhadap keputusan pembelian. Jumlah responden yang didapatkan sebesar 155 responden dengan pengambilan data menggunakan metode kuisioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengkaji karakteristik konsumen dilakukan untuk perusahaan mengetahui target pemasaran online yang tepat sehingga iklan dan konten yang disampaikan dapat tersampaikan maksimal beriringan dengan hasil penelitian memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran secara online dapat memudahkan menjangkau konsumen dengan interaktif  dalam keputusan pembelian bibit durian Musangking. Setiap variabel yang diteliti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk lebih ditingkatkan lagi dalam memaksimalkan pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran online pada perusahaan pada instagram, whatsapp, dan facebook. Ketiga variabel media sosial memiliki hasil yang baik dari segi  kepercayaan artinya konsumen merasa yakin dalam memutuskan pembelian bibit durian Musangking pada Toko Trubus.

Author Biographies

Rahel Anggun Pramita, Universitas Udayana

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Ketut Budi Susrusa, Universitas Udayana

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian.

Gede Mekse Korri Arisena, Universitas Udayana

Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Pramita, R. A., Susrusa, K. B. ., & Arisena, G. M. K. . (2022). PENGARUH JENIS SOCIALMEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BIBIT DURIAN MUSANGKING . Jurnal Hexagro, 6(2), 153–175. https://doi.org/10.36423/hexagro.v6i2.924