MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TERHADAP MATA PELAJARAN SBDP (SENI TARI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 CIKALONG
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2119Keywords:
Interest in Learning, Creative Learning ModelAbstract
Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya minat belajar siswa kelas IV SDN 2 Cikalong Kecaatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran SBdP (seni tari) di kelas IV SDN 2 Cikalong. Jenis penelitian ini ialah kualitatif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SDN 2 Cikalong dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik sampel yang digunakan ialah sampel jenuh. Oleh karena itu penelitian dilaksanakan dengan mengambil seluruh siswa kelas IV. Dari hasil penelitian pratindakan minat belajar siswa 6 siswa (24%) kategori berminat 13 siswa (52%) kategori cukup berminat 6 siswa (24%) kategori kurang berminat dengan perolehan rata-rata 53,33 kategori cukup berminat. Minat belajar siswa pada siklus I terdapat 2 siswa (8%) kategori sangat berminat 12 siswa (28%) kategori berminat 10 siswa (40%) kategori cukup berminat 1 siswa (4%) kategori kurang berminat dengan memperoleh rata-rata 63,91 kategori berminat. Siklus II terdapat 14 siswa (56%) kategori sangat berminat 10 siswa (40%) kategori berminat 1 siswa (4%) kategori cukup berminat dengan rata-rata 82,07 kategori berminat. Dengan demikian terbukti adanya minat belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kreatif.
Kata Kunci: Minat Belajar, Model Pembelajaran Kreatif.
References
Arikunto, S. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Heryudita, Krifa. 2016. Peran Pembelajaran Seni Tari dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa di SD Negeri Slerok 4 Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/24509// diakses 18 April 2021
Mulyani, S., Nandar, I., & Istiandini, W. 2014. Upaya meningkatkan minat dalam pembelajaran seni tari melalui model kooperatif di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4 (1).
Nugrahanti, F. 2014. Upaya Meningkatkan Minat Terhadap Kesenian Tari Melalui Model Kreatif Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem 02 Batang (Disertasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Riyadi, Ari. 2018. Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk meningkatkan percaya diri anak usia taman kanak-kanak. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Seni Tari, 2 1.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Susilo, H., Chotimah, H., Sari, Y. D. 2022. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Zamzani. 2014. Eksistensi Bahasa Indonesia Dalam Pendidikan Berbasis Keragaman Budaya. Makalah disajikan dalam Seminar Internasional Berbasis Budaya: Sumbangan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Jogjakarta, Jakarta, 4-6 November.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.