PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i2.2281Keywords:
Project Based Learning (PjBL), Minat Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, data dikumpulkan melalui angket dan tes pilihan ganda. Hasil analisis MANOVA menunjukkan semua statistik multivariat seperti Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root memiliki nilai signifikansi p < 0,001, menandakan perbedaan yang sangat signifikan antar kelompok. Uji univariat juga menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar memiliki nilai signifikansi p < 0,001. Dengan demikian, model PjBL terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kedua variabel, serta menciptakan proses pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna. both variables, as well as creating a more engaging and meaningful learning process.
Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Minat Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar.
References
Abdullah, D., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2166
Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 102–109. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4420
Ainurrohman, M. T., Desstya, A., & Artik, A. (2024). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning: Studi pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 156–164. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.418
Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., Rusmono, & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sdn Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719
Cahyati, S. S., & Rahmijati, C. (2024). Revitalisasi kompetensi guru bahasa Inggris di SD: Tinjauan konseptual Permendikbudristek 2024. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 5, 345–353. https://doi.org/10.58192/sidu.v1i3.130
Fatimah, N., Mujianto, G., & Yudiantoro, K. (2023). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan (Print) Peningkatakan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka Siswa Kelas IB SDN 02 Girimoyo Malang, JPK: Jurnal Pancasila DanKewarganegaraan,8(2),7686.http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index/https://doi.org/10.24269/jpk.v8.n2.2023.pp76-86
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Hidayatur Rohmah, & Ade Cyntia Pritasari. (2024). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DI SD NEGERI GRABAGAN IV. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(2), 2456–2469. https://doi.org/10.62281/v2i2.170
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Sayektiningsih, S., Sumardjoko, B., & Muhibin, A. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Aliyah Muhammadiyah Klaten. Manajemen Pendidikan, 12(3), 228–238 https://doi.org/10.23917/jmp.v12i3.5518
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.