PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK PERMAINAN KARTU RED OR BLUE GEOMETRY KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i2.2275Keywords:
Media Pembelajaran, Kartu Red or Blue Geometry, MatematikaAbstract
Penelitian ini mengembangkan dan menguji validitas serta kepraktisan media pembelajaran matematika Red or Blue Geometry, sebuah permainan kartu untuk materi geometri kelas IV sekolah dasar. Menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi, Evaluasi), studi ini bertujuan menghasilkan, memvalidasi, dan mengevaluasi kepraktisan produk. Tahap Pengembangan melibatkan validasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media, yang memberikan persentase 93,75% untuk ahli materi dan 92,9% untuk ahli media, mengkategorikan media sebagai sangat valid dan layak digunakan. Untuk Implementasi (uji kepraktisan), dilakukan uji coba terbatas pada 14 siswa SD Negeri 1 Banaran dan uji coba lapangan pada 25 siswa SD Negeri 2 Sambirejo. Hasil uji coba terbatas mendapatkan persentase 88,9%, sementara uji coba lapangan mencapai 94,6%, yang masuk dalam kategori sangat praktis. Respons guru juga sangat positif, 95,2% sangat praktis. Data kepraktisan ini dikumpulkan melalui angket dan observasi. Berdasarkan temuan ini, media kartu Red or Blue Geometry dinyatakan valid dan dapat diterapkan sebagai alat bantu pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan model Game-Based Learning (GBL) bagi siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Red or Blue Geometry, Matematika.
References
Abdulrazzaq, I. A., & Shukur, A. M. (2021). The effect of Buzan's strategy on developing the oral reading skills of fourth graders of primary school. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(7). https://tojqi.net/index.php/journal/article/view/5321/3774
Ahmed, N., Ali, H. H., & Aftab, M. J. (2022). Effect Of Mind Mapping Aprochates In Improving Students’learning Outcomes At Elementary Level. Pakistan Journal of Social Research, 4(03), 889-900. https://doi.org/10.46328/ijte.169 http://digilib.uinsby.ac.id/6485/1/15.%20Analisis%20Karakteristik%20Siswa.pdf
Baharuddin, B., & Agustang, A. (2022). Teacher’s Strategy for Increasing Students’ Creative Thinking Ability Through Open-Ended Learning in Elementary Schools. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 98–108. https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.6838
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model pengembangan media pembelajaran adaptif di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33-46. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2356
Branch Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajara siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11 (1), 27-35 https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726
Hattie, J., & Yates, G. C. (2013). Visible learning and the science of how we learn. Routledge. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5
Montessori, M. (2013). The montessori method. Transaction publishers.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, 9(2), 139–148. https://doi.org/http://dx.doi. org/10.15294/kreano.v9i2.15067
Nurhasanah, W. F., & Puspitasari, N. (2022). Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 27-38. https://doi.org/10.31970/plusminus.v2i1.139
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53-60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Rivai, A., & Sudjana, N. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sagala, S. (2009). Administrasi pendidikan kontemporer.
Septiyani, V., Septiyani, H., & Wardani, A. K. (2021). Media pembelajaran puzzle pada bangun datar jajargenjang untuk anak tunarungu. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 25-36. https://doi.org/10.31960/mosharafa.v10i1.821
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Widayati, E. W. (2022). Pembelajaran Matematika di Era “ Merdeka Belajar ”, Suatu Tantangan bagi Guru Matematika. 04(01), 1–10. Diambil dari https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/770
Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 127-131. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.4705
Zhai, Z., Li, C., Chen, Y., Gerotziafas, G., Zhang, Z., Wan, J., ... & Wang, C. (2020). Prevention and treatment of venous thromboembolism associated with coronavirus disease 2019 infection: a consensus statement before guidelines. Thrombosis and haemostasis, 120(06), 937-948. https://doi.org/10.1055/s-0040-1710006
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.