PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK PERMAINAN KARTU RED OR BLUE GEOMETRY KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dimas Suprayogo Universitas Bhinneka PGRI
  • Dya Ayu Agustina Putri Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i2.2275

Keywords:

Media Pembelajaran, Kartu Red or Blue Geometry, Matematika

Abstract

Penelitian ini mengembangkan dan menguji validitas serta kepraktisan media pembelajaran matematika Red or Blue Geometry, sebuah permainan kartu untuk materi geometri kelas IV sekolah dasar. Menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementasi, Evaluasi), studi ini bertujuan menghasilkan, memvalidasi, dan mengevaluasi kepraktisan produk. Tahap Pengembangan melibatkan validasi oleh dua ahli materi dan dua ahli media, yang memberikan persentase 93,75% untuk ahli materi dan 92,9% untuk ahli media, mengkategorikan media sebagai sangat valid dan layak digunakan. Untuk Implementasi (uji kepraktisan), dilakukan uji coba terbatas pada 14 siswa SD Negeri 1 Banaran dan uji coba lapangan pada 25 siswa SD Negeri 2 Sambirejo. Hasil uji coba terbatas mendapatkan persentase 88,9%, sementara uji coba lapangan mencapai 94,6%, yang masuk dalam kategori sangat praktis. Respons guru juga sangat positif, 95,2% sangat praktis. Data kepraktisan ini dikumpulkan melalui angket dan observasi. Berdasarkan temuan ini, media kartu Red or Blue Geometry dinyatakan valid dan dapat diterapkan sebagai alat bantu pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan model Game-Based Learning (GBL) bagi siswa sekolah dasar.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Red or Blue Geometry, Matematika.

References

Abdulrazzaq, I. A., & Shukur, A. M. (2021). The effect of Buzan's strategy on developing the oral reading skills of fourth graders of primary school. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(7). https://tojqi.net/index.php/journal/article/view/5321/3774

Ahmed, N., Ali, H. H., & Aftab, M. J. (2022). Effect Of Mind Mapping Aprochates In Improving Students’learning Outcomes At Elementary Level. Pakistan Journal of Social Research, 4(03), 889-900. https://doi.org/10.46328/ijte.169 http://digilib.uinsby.ac.id/6485/1/15.%20Analisis%20Karakteristik%20Siswa.pdf

Baharuddin, B., & Agustang, A. (2022). Teacher’s Strategy for Increasing Students’ Creative Thinking Ability Through Open-Ended Learning in Elementary Schools. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 98–108. https://doi.org/10.26618/jed.v7i1.6838

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model pengembangan media pembelajaran adaptif di sekolah dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33-46. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2356

Branch Robert Maribe. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Spinger

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajara siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11 (1), 27-35 https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Hattie, J., & Yates, G. C. (2013). Visible learning and the science of how we learn. Routledge. https://doi.org/10.1007/978-94-007-2324-5

Montessori, M. (2013). The montessori method. Transaction publishers.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, 9(2), 139–148. https://doi.org/http://dx.doi. org/10.15294/kreano.v9i2.15067

Nurhasanah, W. F., & Puspitasari, N. (2022). Studi Etnomatematika Rumah Adat Kampung Pulo Desa Cangkuang Kabupaten Garut. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 27-38. https://doi.org/10.31970/plusminus.v2i1.139

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53-60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Rivai, A., & Sudjana, N. (2013). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sagala, S. (2009). Administrasi pendidikan kontemporer.

Septiyani, V., Septiyani, H., & Wardani, A. K. (2021). Media pembelajaran puzzle pada bangun datar jajargenjang untuk anak tunarungu. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 25-36. https://doi.org/10.31960/mosharafa.v10i1.821

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Widayati, E. W. (2022). Pembelajaran Matematika di Era “ Merdeka Belajar ”, Suatu Tantangan bagi Guru Matematika. 04(01), 1–10. Diambil dari https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/770

Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 127-131. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i2.4705

Zhai, Z., Li, C., Chen, Y., Gerotziafas, G., Zhang, Z., Wan, J., ... & Wang, C. (2020). Prevention and treatment of venous thromboembolism associated with coronavirus disease 2019 infection: a consensus statement before guidelines. Thrombosis and haemostasis, 120(06), 937-948. https://doi.org/10.1055/s-0040-1710006

Downloads

Published

2025-08-29

How to Cite

Suprayogo, D., & Agustiana Putri, D. A. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK PERMAINAN KARTU RED OR BLUE GEOMETRY KELAS IV SEKOLAH DASAR. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 5(2), 49–61. https://doi.org/10.36423/pjsd.v5i2.2275

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.