ANALISIS KESULITAN MENULIS DAN MEMBACA PERMULAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD

Authors

  • Nisa Hanna Fazira Universitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i2.2274

Keywords:

kesulitan membaca, kesulitan menulis, kelas 3 sd

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa kelas 3 sekolah dasar dalam menulis dan membaca permulaan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan membaca dan menulis merupakan keterampilan dasar yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan belajar siswa di jenjang selanjutnya. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang menghadapi kendala dalam kedua aspek tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Diperoleh data yang menunjukkan bahwa 1) Proses menulis memakan waktu yang lambat. 2) Peserta didik menunjukkan kurangnya kelenturan serta terlihat tegang Ketika mencatat. 3) Peserta didik kesulitan dalam memperhatikan abjad seharusnya dituliskan. 4) Variasi dalam metode pengajaran guru. 5) Pemanfaatan media dalam pembelajaran. 6) Tingkat motivasi dan minat siswa. Direkomendasikan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih variatif, penggunaan.

Kata Kunci: kesulitan membaca,kesulitan menulis, kelas 3. 

References

Amalia, R. A., & Bakhtiar, A. M. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis pada Peserta Didik Kelas Rendah. 10(4), 1373–1381.

Aprilia, ulfiatul inka, Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.

Fadillah, R., & Handoko, P. H. (2020). Analisis Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sd Mbs Prambanan. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2874

Pendidikan, J. (2025). e-ISSN 2723-0503 ISSN 1411-481X ISSN 1411-481X. 25, 166–180.

Qomariyah, R. S., Karimah, I., Masruro, M., Soleha, R. S., & , D. F. (2022). Problematika Kurangnya Media Pembelajaran Di SD Tanjungsari Yang Berdampak Pada Ketidak Efektifan Pada Proses Penilaian. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 178–184. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.313

Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 46–56.

Rahmadani, D., Membaca, K., & Media, P. (2024). Permulaan Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5746–5752.

Septiana, E., Fatmawati, L., & Setiawaty, R. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Dan Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Ii Sd 3 Gulang. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 203–217. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3831

Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 362–367. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/249

Amalia, R. A., & Bakhtiar, A. M. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis pada Peserta Didik Kelas Rendah. 10(4), 1373–1381.

Aprilia, ulfiatul inka, Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.

Fadillah, R., & Handoko, P. H. (2020). Analisis Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sd Mbs Prambanan. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2874

Pendidikan, J. (2025). e-ISSN 2723-0503 ISSN 1411-481X ISSN 1411-481X. 25, 166–180.

Qomariyah, R. S., Karimah, I., Masruro, M., Soleha, R. S., & , D. F. (2022). Problematika Kurangnya Media Pembelajaran Di SD Tanjungsari Yang Berdampak Pada Ketidak Efektifan Pada Proses Penilaian. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 178–184. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.313

Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 46–56.

Rahmadani, D., Membaca, K., & Media, P. (2024). Permulaan Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5746–5752.

Septiana, E., Fatmawati, L., & Setiawaty, R. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Dan Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Ii Sd 3 Gulang. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 203–217. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3831

Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 362–367. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/249.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Nisa Hanna Fazira, & Heru Purnomo. (2024). ANALISIS KESULITAN MENULIS DAN MEMBACA PERMULAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 4(2), 105–117. https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i2.2274

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.