ANALISIS KESULITAN MENULIS DAN MEMBACA PERMULAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i2.2274Keywords:
kesulitan membaca, kesulitan menulis, kelas 3 sdAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa kelas 3 sekolah dasar dalam menulis dan membaca permulaan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Kemampuan membaca dan menulis merupakan keterampilan dasar yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan belajar siswa di jenjang selanjutnya. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang menghadapi kendala dalam kedua aspek tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Diperoleh data yang menunjukkan bahwa 1) Proses menulis memakan waktu yang lambat. 2) Peserta didik menunjukkan kurangnya kelenturan serta terlihat tegang Ketika mencatat. 3) Peserta didik kesulitan dalam memperhatikan abjad seharusnya dituliskan. 4) Variasi dalam metode pengajaran guru. 5) Pemanfaatan media dalam pembelajaran. 6) Tingkat motivasi dan minat siswa. Direkomendasikan perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih variatif, penggunaan.
Kata Kunci: kesulitan membaca,kesulitan menulis, kelas 3.
References
Amalia, R. A., & Bakhtiar, A. M. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis pada Peserta Didik Kelas Rendah. 10(4), 1373–1381.
Aprilia, ulfiatul inka, Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.
Fadillah, R., & Handoko, P. H. (2020). Analisis Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sd Mbs Prambanan. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2874
Pendidikan, J. (2025). e-ISSN 2723-0503 ISSN 1411-481X ISSN 1411-481X. 25, 166–180.
Qomariyah, R. S., Karimah, I., Masruro, M., Soleha, R. S., & , D. F. (2022). Problematika Kurangnya Media Pembelajaran Di SD Tanjungsari Yang Berdampak Pada Ketidak Efektifan Pada Proses Penilaian. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 178–184. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.313
Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 46–56.
Rahmadani, D., Membaca, K., & Media, P. (2024). Permulaan Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5746–5752.
Septiana, E., Fatmawati, L., & Setiawaty, R. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Dan Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Ii Sd 3 Gulang. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 203–217. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3831
Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 362–367. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/249
Amalia, R. A., & Bakhtiar, A. M. (2024). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis pada Peserta Didik Kelas Rendah. 10(4), 1373–1381.
Aprilia, ulfiatul inka, Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233.
Fadillah, R., & Handoko, P. H. (2020). Analisis Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas Rendah Di Sd Mbs Prambanan. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(2), 181–187. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i2.2874
Pendidikan, J. (2025). e-ISSN 2723-0503 ISSN 1411-481X ISSN 1411-481X. 25, 166–180.
Qomariyah, R. S., Karimah, I., Masruro, M., Soleha, R. S., & , D. F. (2022). Problematika Kurangnya Media Pembelajaran Di SD Tanjungsari Yang Berdampak Pada Ketidak Efektifan Pada Proses Penilaian. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1(2), 178–184. https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.313
Rahayu, R. A., Riyadi, A. R., & Hartati, T. (2018). Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 46–56.
Rahmadani, D., Membaca, K., & Media, P. (2024). Permulaan Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5746–5752.
Septiana, E., Fatmawati, L., & Setiawaty, R. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Dan Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Ii Sd 3 Gulang. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 203–217. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3831
Utari, V., & Rambe, R. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Pada Siswa Kelas Rendah di SD/MI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 362–367. https://www.jurnaldidaktika.org/contents/article/view/249.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.