MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MASALAH OPERASI PENJUMLAHAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS BENDA-BENDA KONKRET DI KELAS 1 SDN 4 CIBALONG
DOI:
https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i2.2328Keywords:
Benda Konkret, Kemampuan Operasi PenjumlahanAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi Siswa Kelas 1 SDN 4 Cibalong Kabupaten Tasikmalaya mengalami kesulitan dalam mengoperasionalkan penjumlahan. Penyebab kesulitan siswa dalam mengoperasionalkan penjumlahan karena guru tidak menggunakan media, tidak mengaitkan pembelajaran dengan tema yang ada, kurang bervariatif dan tidak sesuai dengan perkembangan psikologi anak. Sehingga hasil yang didapat kurang dari KKM yang ditentukan ≥75. Nilai standar ketuntasan minimum yang ditetapkan dalam evaluasi belajar adalah rata-rata nilai 80 dan keberhasilan kegiatan pembelajaran 80%. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran matematika untuk mengetahui hasil belajar operasi hitung penjumlahan dengan menggunakan media benda konkret. Mendeskripsikan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDN 4 Cibalong. Analisis data dilakukan dengan Deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian selama 2 siklus mengalami peningkatan. Aktivitas siswa dan hasil tes belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I yaitu 58% dengan nilai rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 62 dan siklus II 88% dengan nilai rata-rata hasil evaluasi belajar siswa 86. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis benda-benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema kegemaranku dalam materi operasi penjumlahan pada siswa kelas I SDN 4 Cibalong Kabupaten Tasikmalaya.
Kata Kunci: kesulitan membaca,kesulitan menulis, kelas 3 Media Konkrit, Hasil Belajar, Matematika, Sekolah Dasar.
References
Abdul Haris, Asep Jihad. 2013. Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Pressindo.
Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitam Belajar. Jakarta: Rireka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Pelaksanaan Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aqib, Zainal. 2007. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: CV Yrama Widya.
Herdiansyah, Haris. 2012. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Hopkin, David. 1993. A Teachers Guide to Classroom Research. Open University Press.
Ibrahim, Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan aplikasinya. Yogyakarta: Suka Press UIN Sunan Kalijaga.
Jakni. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Jean Piaget. 2006. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Depdiknas.
Minawati. 2014. Permainan Matematika Kreatif: Kreasi Pembelajaran Matematika bagi Anak Melalui Aktivitas Bermain. Dalam UPI (penyunting) “Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan Dasar SPS” Selected Reading, hlm, 672-678.
Nasution. 2011. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nation Council of Teachers of Matematics. 2003. NCTM Program Standar. Program for Initiat Preparation of Mathematics Teachers. Standards for Secondary Mathematics Teachers. (online). Tersedia: http://www.nctm.org/uploadfiles/Math
Ningsih, Sri. 2008. Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Media.
Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjendikdasmen.
Nusa, Putra. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendididkan. Jakarta: PT Reja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2016. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suparmin. 2015. Profesi Kependidikan. Sukoharjo: Press.
Syamsuddin, Damayanti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovaif Kontemprer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Jurnal memegang hak cipta untuk setiap artikel yang diterbitkan dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0, yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan dan publikasi awal karya di jurnal ini.
2. Penulis harus menyetujui perjanjian pengalihan hak cipta dengan mencentang kolom Pemberitahuan Hak Cipta pada tahap awal saat mengirimkan artikel.