MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TERHADAP MATA PELAJARAN SBDP (SENI TARI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 CIKALONG

Authors

  • Silvia Anggraeni Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Agus Ahmah Wakih Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Winarti Dwi Febriani Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2119

Keywords:

Interest in Learning, Creative Learning Model

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya minat belajar siswa kelas IV SDN 2 Cikalong Kecaatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran SBdP (seni tari) di kelas IV SDN 2 Cikalong. Jenis penelitian ini ialah kualitatif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di SDN 2 Cikalong dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik sampel yang digunakan ialah sampel jenuh. Oleh karena itu penelitian dilaksanakan dengan mengambil seluruh siswa kelas IV. Dari hasil penelitian pratindakan minat belajar siswa 6 siswa (24%) kategori berminat 13 siswa (52%) kategori cukup berminat 6 siswa (24%) kategori  kurang berminat dengan perolehan rata-rata 53,33 kategori cukup berminat. Minat belajar siswa pada siklus I terdapat 2 siswa (8%) kategori sangat berminat 12 siswa (28%) kategori berminat 10 siswa (40%) kategori cukup berminat 1 siswa (4%) kategori kurang berminat dengan memperoleh rata-rata 63,91 kategori berminat. Siklus II terdapat 14 siswa (56%) kategori sangat berminat 10 siswa (40%) kategori berminat 1 siswa (4%) kategori cukup berminat dengan rata-rata 82,07 kategori berminat. Dengan demikian terbukti adanya minat belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kreatif.

Kata Kunci: Minat Belajar, Model Pembelajaran Kreatif.  

References

Arikunto, S. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Heryudita, Krifa. 2016. Peran Pembelajaran Seni Tari dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa di SD Negeri Slerok 4 Tegal. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/24509// diakses 18 April 2021

Mulyani, S., Nandar, I., & Istiandini, W. 2014. Upaya meningkatkan minat dalam pembelajaran seni tari melalui model kooperatif di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4 (1).

Nugrahanti, F. 2014. Upaya Meningkatkan Minat Terhadap Kesenian Tari Melalui Model Kreatif Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem 02 Batang (Disertasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Riyadi, Ari. 2018. Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk meningkatkan percaya diri anak usia taman kanak-kanak. Journal Cendikia: Jurnal Pendidikan Seni Tari, 2 1.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Susilo, H., Chotimah, H., Sari, Y. D. 2022. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Zamzani. 2014. Eksistensi Bahasa Indonesia Dalam Pendidikan Berbasis Keragaman Budaya. Makalah disajikan dalam Seminar Internasional Berbasis Budaya: Sumbangan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS Universitas Negeri Jogjakarta, Jakarta, 4-6 November.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Anggraeni, S., Ahmah Wakih, A., & Dwi Febriani, W. (2024). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TERHADAP MATA PELAJARAN SBDP (SENI TARI) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 CIKALONG. PIWURUK: Jurnal Sekolah Dasar, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.36423/pjsd.v4i1.2119