ANALISIS HAMBATAN SAMPING SEPANJANG 600 M AKIBAT AKTIVITAS LALU LINTAS PENYEBAB KEMACETAN PADA RUAS JALAN PANUMBANGAN KABUPATEN CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.36423/jitsi.v3i1.1107Abstract
Abstract— The transportation sector has an impact on several aspects of the quality of human life. The lack of parking facilities in an area will result in new parking activities, vehicles going in and out of the side of the road, pedestrians and slow vehicles. The increase in the speed of road activity has a negative impact on road performance due to the lack of area development and management of the area around Jalan Panumbangan Ciamis causing unplanned activities resulting in traffic jams and resulting side barriers. The purpose of this study is to determine the level of side friction and its effect on the performance of Jalan Panumbangan. The method used is the 2014 Indonesian Road Capacity Guidelines method, a descriptive research type that is identifying real solutions to problems based on data. The results of the analysis showed that the highest traffic volume was obtained on Thursday, 28 July 2022 at 1924.9 cur/hour, the free flow speed was 40.86 km/hour, the base capacity was 2169 cur/hour, the highest side barriers were at 10.00 – 11.00 WIB 502 event weights. These obstacles originate from roadside activities, shops, the presence of parking vehicles and vehicles going in and out on the side of the road which are included in the class of high side barriers (T). The degree of saturation is 0.887 including the level of road service (category E).
Keywords — Side Friction, PKJI 2014.
Abstrak— Sektor transportasi berdampak pada beberapa aspek kualitas hidup manusia. Minimnya fasilitas parkiran pada suatu kawasan yang akan mengakibatkan aktivitas parkir baru, kendaraan keluar masuk dari sisi jalan, pejalan kaki dan kendaraan lambat. Peningkatan kecepatan aktivitas jalan berdampak negatif terhadap kinerja jalan dikarnakan kurangnya pengembangan kawasan dan pengelolaan terhadap kawasan disekitar Jalan Panumbangan Ciamis menyebabkan kegiatan yang tidak terencana sehingga terjadi kemacetan lalu lintas dan menghasilkan hambatan samping. Tujuan dari studi ini untuk mengetahui tingkat hambatan samping dan pengaruhnya terhadap kinerja Jalan Panumbangan. Metode yang digunakan adalah metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014, jenis penelitian deskriptif yaitu mengidentifikasikan solusi nyata untuk masalah berdasarkan data. Hasil analisa diperoleh volume lalu lintas tertinggi didapat pada hari Kamis, 28 Juli 2022 sebesar 1924,9 skr/jam, kecepatan arus bebas sebesar 40,86 km/jam, kapasitas dasar sebesar 2169 skr/jam, hambatan samping tertinggi pukul 10.00 – 11.00 WIB sebesar 502 bobot kejadian. Hambatan tersebut bersumber dari adanya aktivitas sisi jalan, pertokoan, adanya kendaraan parkir dan kendaraan keluar masuk pada sisi jalan yang termasuk kedalam kelas hambatan samping tinggi (T). Derajat kejenuhan sebesar 0,887 termasuk tingkat pelayanan jalan (kategori E).
Kata kunci — Hambatan Samping, PKJI 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Naskah yang diserahkan oleh penulis diserahkan pada juri (Reviewer) melalui tim editor secara anonim, serta hasil penilaian yang diberikan oleh juri (Review) untuk penulis dikembalikan secara anonim.