ANALISA DAYA DUKUNG DAN PENURUNAN ELASTIS PONDASI TIANG PANCANG GEDUNG CREATIVE CENTER TASIKMALAYA

Authors

  • Karina Lukita Perjuangan University
  • Novi Asniar
  • Anri Ramadan

Abstract

Abstrak—Pondasi merupakan sebuah elemen struktur yang sangat penting dalam suatu bangunan yang berfungsi untuk menyalurkan beban struktur atas ke tanah dibawahnya. Daya dukung pondasi menentukan kemampuan dalam memikul beban. Apabila daya dukung kecil, maka akan terjadi penurunan yang berlebihan bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada struktur bangunan. Pondasi tiang pancang digunakan pada proyek pembangunan Gedung Creative Center Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisa kapasitas daya dukung dan penurunan elastis pada yang terjadi. Serta membandingkan jumlah pondasi berdasarkan analisa dengan jumlah pondasi pada pelaksanaan. Untuk menghitung kapasitas daya dukung berdasarkan data sondir yaitu menggunakan metode Aoki dan De Alencar dan metode Meyerhoff, dan berdasarkan data kalendering menggunakan metode Danish Formula. Hasil dari perhitungan daya dukung dipakai dalam melakukan perhitungan penurunan dengan metode Elastis.  Dalam menganalisa jumlah pondasi, dilakukan analisa pembebanan struktur atas dengan pemodelan 3D. Hasil penelitian menunjukan kapasitas daya dukung ultimit dengan metode Aoki dan De Alencar yaitu sebesar 107,07 ton, dengan metode Meyerhoff sebesar 153,84ton dan dengan metode Danish Formula 205,09 ton. Penurunan elastis yang terjadi yaitu sebesar 2,3mm pada titik 1 dan 2,9mm pada titik 2. Hasil dari perbandingan jumlah pondasi berdasarkan analisa dengan pada pelaksanaan telah sesuai. Kata kunci —  Pondasi Tiang Pancang, Sondir, Kalendering, Daya Dukung, Penurunan Elastis.

References

Aprianti, Y., dkk. (2018). Analisis pebandingan daya dukung dan penurunan tiang pancang tunggal dengan metode static dan uji beban. 1 – 6.

Bowles, J. (1993). Analisa dan Desain Pondasi (4th ed.). Jakarta: Erlangga.

Das, m braja. (2007). Principles of Foundation Engineering (6th ed.). United States: Thomson India.

Fadilah, U.N., & Tunafiah, H. (2018). Analisa Daya Dukung Pondasi Bored Pile Berdasarkan Data N-SPT Menurut Rumus Reese & Wright Dan Penurunan. IKRA-ITH Teknologi, 2 No 3 (7), 1-7.

Gunawan, M., dkk. (2014). Rasio Hubungan Nilai Daya Dukung Tiang Pancang Berdasarkan Pengujian Sondir, Kalendering dan Tes PDA Pada Jembatan Pelawa Kabupaten Parigi Moutong.

Hardiyatmo, H. C. (2010). Teknik Fondasi 1. Yogyakarta: Beta Offset.

Hardiyatmo, H.C. (2010). Teknik Fondasi 2. Yogyakarta: Beta Offset.

Husnah. (2015). Analisa Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Pada Proyek Pembangunan Pondasi Tissue Block 5 & 6. (73).

Marbun, B. (2009). (Skripsi) Analisa Penurunan Elastis Tiang Pancang Pada Proyek Pembangunan Rusunawa Medan Area,

Markawie, & Maulana, S. (2013). Alternatif Fondasi Tiang Pancang Proyek Untuk Menara Mesjid Agung Al – Mukarom.

Sosrodarsono, S., & Nakazawa, K. (2000). Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Sumiyanto, D. (2007). Rekayasa Fondasi II. Tersedia dalam https://htmsunsoed.files.wordpress.com/2012/03/buku-ajar-fondasi-ii-2.doc.

[Diakses pada: 01 April 2020]

Widia, W., dkk. (2017). Evaluasi Daya Dukung Pondasi Bored Pile Terhadap Uji Pembebanan Langsung Pada Proyek Pembangunan Aeon Mall Mixed Use Sentul City Bogor.

Yuliawan, E., & Rahayu, T. (2018). Analisa Daya Dukung dan Penurunan Pondasi Tiang Berdasarkan Pengujian SPT dan Cyclic Load Test. 1-13.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles