ANALISIS PENINGKATAN FUNGSI PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI (Studi Kasus Jalan KHZ. Mustofa Kota Tasikmalaya)

Authors

  • Willy Firmansyah Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Indonesia
  • Dicky Nurmayadi Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Indonesia
  • Farhan Sholahudin Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/jitsi.v1i2.743

Abstract

Abstract— KHZ Street. Mustofa is an area dominated by shops, trade and services, street vendors and other activities. However, the condition in the area is still lacking in proper traffic management, especially on the existing pedestrian facilities which look chaotic and unorganized as well as the presence of street vendors. The purpose of this study is to identify the characteristics of pedestrians on Jalan KHZ. Tasikmalaya City Mustofa Identify. Traffic characteristics on Jalan KHZ. Mustofa Kota Tasikmalaya. Provide an overview of the pedestrian facilities design needed on Jalan KHZ. Mustofa, Tasikmalaya City. Data collection methods used are primary data collection and secondary data collection. Primary data collection is carried out by conducting field surveys to obtain pedestrian volume, traffic volume and road variation. Secondary data collection was obtained from related agencies (Dishub Kominfo Kota Tasikmalaya Year 2020). The results of the Pedestrian Characteristics Analysis show that the largest volume of pedestrians crossing the road on weekdays is at point 4 in the afternoon observation of 139 people / hour, then on holidays it is at point 7 at 140 people / hour, while for the largest volume of pedestrians along on weekdays it is at point 4 in the afternoon observation of 304 people per hour. then on holidays at the observation point 9 at noon observation of 314 people per hour. As for the traffic volume characteristics, the highest volume on weekdays occurs in afternoon observations of 1,472 pcu / hour, then on holidays occurs in the afternoon observations of 1,518 pcu / hour, with an average vehicle speed of less than 40 km / hour with the category service levels for roads B and C, as well as recommendations for Zebra Crossing facilities at 7 points with a total of 9 units.

Kata Kunci Pedestrian Characteristics Traffic Volume Characteristics, Crossing Facilities

Abstrak— Jalan KHZ. Mustofa merupakan kawasan yang  didominasi oleh area pertokoan, perdagangan dan jasa, pedagang kaki lima dan kegiatan lainnya. Tetapi keadaan pada kawasan tersebut masih kurang penataan lalu lintas yang baik khususnya pada fasilitas pejalan kaki yang ada terlihat semerawut dan tidak tertata serta dengan adanya PKL. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengidentifikasi karakteristik pejalan kaki di Ruas Jalan KHZ. Mustofa Kota Tasikmalaya Mengidentifikasi. Karakteristik lalu lintas di Ruas Jalan KHZ. Mustofa Kota Tasikmalaya.Memberikan gambaran desain fasilitas pejalan kaki yang dibutuhkan di Ruas Jalan KHZ. Mustofa Kota Tasikmalaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan survai di lapangan untuk mendapatkan Volume Pejalan kaki, Volume lalu lintas dan inventariasi Jalan. Pengumpulan data sekunder didapatkan dari instansi terkait (Dishub Kominfo Kota Tasikmalaya Tahun 2020). Hasil Analisis Karakteristik Pejalan Kaki menunjukan bahwa volume pejalan kaki meyeberang jalan terbesar pada hari kerja berada di titik 4 pada pengamatan sore sebsar 139 orang/jam, lalu pada hari libur berada pada titik 7 sebesar 140 orang/jam, sedangkan untuk volume pejalan kaki menyusuri terbesar pada hari kerja berada pada titik 4 pada pengamatan siang sebesar 304 orang per jam. Lalu pada hari libur berada pada titik pengamatan 9 pada pengamatan siang sebesar 314 orang per jam. Sedangkan untuk karakteristik Volume lalu lntas menunjukan volume tertinggi pada hari kerja terjadi pada pengamatan sore sebesar 1.472 smp/jam, lalu pada hari libur terjadi pada pengamatan sore sebesar 1.518 smp/jam, dengan kecepatan rata – rata kendaraan kurang dari 40 km/jam dengan kategori tingkat pelayanan jalan B dan C , serta rekomendasi fasiltas penyeberangan  Zebra Cross pada 7 titik dengan total 9 unit.

Kata kunci—Karakterisik Pejalan Kaki Karakteristik Volume Lalu Lintas, Fasilitas penyeberangan

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Firmansyah, W., Nurmayadi, D., & Sholahudin, F. (2022). ANALISIS PENINGKATAN FUNGSI PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI (Studi Kasus Jalan KHZ. Mustofa Kota Tasikmalaya). JITSi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 1(2), 121–129. https://doi.org/10.36423/jitsi.v1i2.743

Issue

Section

Articles