PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN CISEPET KECAMATAN CIKATOMAS KABUPATEN TASIKMALAYA

Penulis

  • Salman Mugni Abdulaziz Fakultas Teknik, Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/jitsi.v5i1.1454

Kata Kunci:

Cisepet Bridge, Parker Truss, superstructure planning, bridge loads, Perangkat lunak analisis dan desain struktur jembatan

Abstrak

Abstract— Bridges are critical infrastructures that support interregional connectivity, particularly in facilitating social, economic, and governmental activities. The Cisepet Bridge in Cikatomas Subdistrict, Tasikmalaya Regency, plays a strategic role as the primary link between Sindangasih and Cayur villages, separated by the Cimedang River. Due to the bridge's damage since 2020, a redesign of its structure is essential. This study presents a structural plan for the bridge using a Parker Truss system, a modified Pratt truss characterized by a polygonal top chord. This type was chosen for its higher aesthetic value and as an alternative to conventional steel truss bridges. The research was conducted using experimental methods and digital modeling via Bridge structure analysis and design software. Load calculations included dead loads, live loads, wind loads, seismic loads, braking forces, and vehicle loads. The analysis results indicate that the 60-meter-long, 6-meter-wide bridge can safely withstand various load combinations in accordance with design standards. The findings are expected to serve as a technical reference for constructing a safe, efficient, and sustainable bridge.

Keywords — Cisepet Bridge, Parker Truss, superstructure planning, bridge loads, Perangkat lunak analisis dan desain struktur jembatan.

Abstrak— Jembatan merupakan infrastruktur vital dalam menunjang konektivitas antar wilayah, terutama dalam mendukung kegiatan sosial, ekonomi, dan pemerintahan. Jembatan Cisepet di Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, memiliki peran strategis sebagai penghubung utama antara Desa Sindangasih dan Desa Cayur yang dipisahkan oleh Sungai Cimedang. Mengingat kondisi jembatan yang rusak sejak tahun 2020, diperlukan perencanaan ulang terhadap konstruksi jembatan ini. Dalam penelitian ini, direncanakan struktur atas jembatan dengan tipe Parker Truss, yaitu modifikasi dari jembatan rangka Pratt dengan batang atas berbentuk poligonal. Pemilihan tipe ini didasarkan pada nilai estetika yang lebih tinggi serta sebagai alternatif dari struktur rangka baja konvensional. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dan pemodelan digital menggunakan perangkat lunak Perangkat lunak analisis dan desain struktur jembatan. Perhitungan beban meliputi beban mati, beban hidup, beban angin, beban gempa, serta gaya rem dan beban kendaraan. Hasil analisis menunjukkan bahwa jembatan dengan panjang 60 meter dan lebar lantai 6 meter ini mampu menahan berbagai kombinasi beban sesuai standar perencanaan. Diharapkan hasil perencanaan ini dapat menjadi referensi teknis dalam pembangunan jembatan yang aman, efisien, dan berkelanjutan.

Kata kunci —  Jembatan Cisepet, Parker Truss, perencanaan struktur atas, beban jembatan, Perangkat lunak analisis dan desain struktur jembatan.

Referensi

Cahyadi, D., Rizki, L. F., & Dary, R. W. (2024). Perencanaan ulang dimensi struktur atas jembatan rangka baja namu ukur utara sei bingai kabupaten langkat. Konferensi Nasional Social Dan Engineering PoliteknikNegeri Medan, 1193–1201.

Prastianto, D. (2022). Studi Alternatif Perencanaan Struktur Komposit pada Rumah Sakit Hermina Tangkuban Prahu Malang.

Prayoga, D. (2021). Evaluasi Perencanaan Struktur Atas Hotel Grand Central Premier Medan. JURNAL ILMIAH TEKNIK SIPIL, 10(1), 88–94.

Purboyo, A. H., & Santoso, H. T. (2021). Gaya Pratarik Awal Jembatan Beruji Kabel Menggunakan Pendekatan Balok Bentang Jamak (Multi Span Beam Approach). Jurnal Teknik Sipil, 16(3), 176–186.

Saputra, A. (2023). Analisis Kapasitas Struktur Atas Jembatan Rangka Baja Nilo berdasarkan Sni 1725: 2016 (Analysis Of The Upperstructure Capacity Of Nilo Truss Bridge Based On Sni 1725: 2016). Universitas Islam Indonesia.

Shulhan, M. A., Galuh, D. L. C., & Manek, G. (2024). MENGHITUNG GAYA GESER DAN MOMEN JEMBATAN BETON BERTULANG T-GIRDER MENGGUNAKAN SNI 1725-2016. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Mahasiswa Teknik (SINLIMATEK), 1(1), 121–126.

Wicaksana, A., & Rosyidah, A. (2021). Pembandingan Perancangan Bangunan Tahan Gempa Menggunakan SNI 1726: 2012 Dan SNI 1726: 2019. Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil, 18(1), 88–99.

Yusuf, M., & Hermawan, F. (2023). COMPARISON ANALYSIS OF EXISTING BRIDGE DESIGN BASED ON BMS 1992 AND SNI 1725-2016. International Journal on Livable Space, 8(2), 43–52.

Zavitri, Z. N. (2022). Analisis Kapasitas Dan Lendutan Pada Diafragma Jembatan Kweritor Menggunakan Peraturan Pembebanan Sni 1725: 2016 (Analysis Of Capacity And Deflection On The Diaphragm Of Kweritor Bridge Using Loading Regulations Sni 1725: 2016).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-26

Cara Mengutip

Abdulaziz, S. M. (2025). PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN CISEPET KECAMATAN CIKATOMAS KABUPATEN TASIKMALAYA. JITSi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.36423/jitsi.v5i1.1454

Terbitan

Bagian

Articles