PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN WAROENG KOPI LAWAS TASIKMALAYA (Survei pada pelanggan Waroeng Kopi Lawas Tasikmalaya 2019)
DOI:
https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i1.302Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pelanggan Waroeng Kopi Lawas Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Alat analisis yang digunakan adalah persamaan regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi berganda Y = 9,492 + 0,462X1 + 0,303X2. Hasil hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh F hitung sebesar 17,733 dengan nilai signifikan 0,000, karena probabilitas lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Sedangkan dari hasil hipotesis secara parsial (Uji T) diperoleh t hitung untuk variabel kualitas produk sebesar 0,361 dengan nilai signifikan 0,001 dan brand image sebesar 0,254 dengan nilai signifikan 0,009, dimana probabilitas lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,508, artinya terdapat korelasi atau keeratan sedang antara kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pelanggan di Waroeng Kopi Lawas Tasikmalaya. Koefisien determinasi (R2) 0,258, artinya sebanyak 25,8 % pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pelanggan Waroeng Kopi Lawas Tasikmalaya, sedangkan sisanya sebesar 74,2% dipengaruhi oleh variabel lain/ estimasi standar error (e). Simpulan penelitian ini adalah secara simultan dan parsial ada pengaruh signifikan antara Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Kopi Lawas Tasikmalaya. Kata kunci: kualitas produk, brand image, kepuasan pelangganReferences
Ayu, Ida., Jatra, I Made. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur, Vol. 4, No. 7, 2015, Hal 1984-2000. Universitas Udayana: Bali.
Koampa, H Sari., dan Tumbuan, J Willem. 2017. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah pada AJB Bumiputera 1912 Di Manado, Vol. 05. No. 03 September 2017, Hal 3662-3631. Universitas Sam Ratulangi: Manado.
Kotler, Philip dan gary Armstrong. 2014. Prinsip-prinsip pemasara. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin L Keller. 2016. Manajemen pemasaran. edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Malau, Herman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal HEXAGRO yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA).
- Semua Informasi yang terdapat di HEXAGRO bersifat akademik. Jurnal HEXAGRO tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.