PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN WAROENG KOPI LAWAS TASIKMALAYA (Survei pada pelanggan Waroeng Kopi Lawas Tasikmalaya 2019)

Authors

  • nfn Windari Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • H. Cece Rakhmat Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • H. Ari Arisman Universitas Perjuangan Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i1.302

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pelanggan Waroeng Kopi Lawas Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Alat analisis yang digunakan adalah persamaan regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi berganda Y = 9,492 + 0,462X1 + 0,303X2.  Hasil hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh F hitung sebesar 17,733 dengan nilai signifikan 0,000, karena probabilitas lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Sedangkan dari hasil hipotesis secara parsial (Uji T) diperoleh t hitung untuk variabel kualitas produk sebesar 0,361 dengan nilai signifikan 0,001 dan brand image sebesar 0,254 dengan nilai signifikan 0,009, dimana probabilitas lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis diterima. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,508, artinya terdapat korelasi atau keeratan sedang antara kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pelanggan di Waroeng Kopi Lawas Tasikmalaya. Koefisien determinasi (R2) 0,258, artinya sebanyak 25,8 % pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap kepuasan pelanggan Waroeng Kopi Lawas Tasikmalaya, sedangkan sisanya sebesar 74,2% dipengaruhi oleh variabel lain/ estimasi standar error (e). Simpulan penelitian ini adalah secara simultan dan parsial ada pengaruh signifikan antara Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Kopi Lawas Tasikmalaya. Kata kunci: kualitas produk, brand image, kepuasan pelanggan

Author Biographies

nfn Windari, Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Program Studi Manajemen

H. Ari Arisman, Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Program Studi Manajemen

References

Ayu, Ida., Jatra, I Made. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur, Vol. 4, No. 7, 2015, Hal 1984-2000. Universitas Udayana: Bali.

Koampa, H Sari., dan Tumbuan, J Willem. 2017. Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah pada AJB Bumiputera 1912 Di Manado, Vol. 05. No. 03 September 2017, Hal 3662-3631. Universitas Sam Ratulangi: Manado.

Kotler, Philip dan gary Armstrong. 2014. Prinsip-prinsip pemasara. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin L Keller. 2016. Manajemen pemasaran. edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Malau, Herman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. edisi 4. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2019-11-16

How to Cite

Windari, nfn, Rakhmat, H. C., & Arisman, H. A. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN WAROENG KOPI LAWAS TASIKMALAYA (Survei pada pelanggan Waroeng Kopi Lawas Tasikmalaya 2019). Jurnal Hexagro, 3(1). https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i1.302

Issue

Section

Articles