Pengembangan Game Android untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Berbasis Multimedia Development Life Cycle (MDLC)

Authors

  • Muhammad Rizki Nugraha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v6i1.1643

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan anak usia dini untuk berhitung, diperlukan fasilitas media permainan yang mendidik, salah satunya adalah game edukasi. Banyak game edukasi yang membantu anak usia dini memahami berhitung, tetapi mereka tidak memiliki elemen game, jadi dikembangkan game yang membantu anak usia dini memahami berhitung dengan elemen game. Untuk membuat game edukasi Android yang meningkatkan pemahaman berhitung anak usia dini, proses editing, coding, dan tabulasi digunakan, perancangan sistem game menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle), dan storyboard digunakan. menggunakan konsep objek 2D dengan software Visual Studio Code, Framework Flutter, Android Studio, Figma, dan Adobe Playground. Element-elemen game telah digunakan dalam game edukasi ini.Menurut hasil uji validitas dan reliabilitas yang diberikan kepada 31 peserta, setiap item memiliki nilai korelasi pearson lebih dari 0,5 dan nilai signifikan lebih dari 0,05, yang menunjukkan bahwa item tersebut dapat dianggap valid. Selain itu, nilai cronbach's alpha uji lebih tinggi dari nilai dasar, yaitu 0,696 lebih dari 0,60. Hasil ini menunjukkan bahwa semua pertanyaan dalam kuesioner uji ini dapat dianggap reliabel. Hasil menunjukkan bahwa game edukasi Android dapat digunakan sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman anak usia dini tentang berhitung.

References

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (https://kbbi.web.id/hitung Di akses pada 12 Maret 2022)

Yuliani Nurani Sujiono. Dkk. Metode Pengembangan Kognitif Jakarta: Universitas Terbuka.

Khadijah. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini. Medan: Perdana Publishing

Reid, K. (2016). Changing Mind : Discussions in neuroscience, psychology and education. Acer

Geniora. (2021). Pentingnya Belajar Matematika Sejak Dini (https://www.geniora.com/article/pentingnya-belajarmatematika-sejak-dini/ Diakses pada 15 Maret 2022)

Early numeracy skills: how to develop them [Internet]. Melbourne: Raising Children Network; 2021. [cited 2021 Jul 30]. Available from: https://raisingchildren.net.au/babies/playlearning/learning-ideas/early-numeracy

Handayani, V. V. (2020, Maret 12). Anak Alami Diskalkulia, Ini yang Harus Orang Tua Tahu. Pertumbuhan anak. (https://www.halodoc.com/artikel/anak-alami-diskalkuliaini-yang-harus-orang-tua-tahu Diakses pada 20 Maret 2022)

Ayu, P. (2021). Pengaruh Metode Jarimatika Terhadap Kemampuan Menghitung Cepat pada Siswa Kelas III SD Inpres Rumpiah Kabupaten Barru. Makassar: Skripsi Universitas Bosowa (https://repository.unibos.ac.id/xmlui/handle/123456789/194 : Diakses pada 30 Maret 2022)

Trisnawati, E. (2015). Penerapan Strategi Bermain Stick Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Di Paud Witri 1 Kota Bengkulu. Bengkulu: Skripsi Institut Agama Islam Negeri Bengkulu

Hanim Faizah,Moh. Syukron Maftuh, Silviana Maya Purwasih, dan Annisa Dwi Sulistyaningtyas. (2020). Pemanfaatan Benda-benda di Lingkungan Sekitar untuk Menanamkan Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini. Jurnal SOLMA , 176-185

Nawangnugraeni, D. A. (2015). Game Edukasi Android Sebagai Fasilitas Pengenalan Bilsngan Untuk anak Usia Dini. Semarang

Andika Eprilliyansyah, Wiwi Verina, Muhammad Rusdi Tanjung. (2020). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Perhitungan Untuk Anak Usia Dini Dengan Metode RAD Berbasis Android. Jurnal FTIK, 629-638

Muh. Fahrurrozi, Lalu Puji Indira Kharisma, Khairunnazi. (2020). Media Pembelajaran M3 (Membaca, Menulis, Menghitung) Berbasis Multimedia Untuk Anak Usia Dini. Teknimedia, 47 – 52

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi

Downloads

Published

2024-07-25