ILUSTRASI DESAIN KAOS UNTUK EVENT GONDANG METAL FEST 2023

Authors

  • Arief Muttaqin Universitas Sahid Surakarta
  • Evelyn Henny lukitasari Universitas Sahid Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.36423/index.v6i1.1658

Abstract

Salah satu event organizer music yang berdiri dikota sragen adalah Dialog Musik Kita. Event musik yang rutin diselenggarakan setiap tahun adalah Event Gondang Metal Fest yang menyajikan jenis musik metal. Event musik metal sangat jarang diadakan di kota sragen karena kecilnya komunitas metal di kota sragen dan masyarakat kurang mengenal tentang musik metal. Sehingga dibutuhkan perancangan desain yang bisa diaplikasikan ke suatu media yang nantinya menjadi media promosi event. Gaya visual yang digunakan adalah gaya visual dark art dengan tema menolak mati Dart art merupakan visualisasi dari karya seni yang dihasilkan dari sudut pandang seniman dengan mengamati tekanan keras dan himpitan kehidupan. Visualisasi menggunakan dark art sangat sesuai digunakan untuk event music metal karena makna dari lirik lagu mengandung usur kehidupan manusia yang menggambarkan emosi, politik dan agama. Desain yang dihasilkan diaplikasikan kedalam media utama berupa kaos dan media pendukung berupa short pant, tote bag, mug dan gantungan.

References

D. A. P.N, “DESAIN GRAFIS KARTUNAL PADA T-SHIRT SEBAGAI SEBAGAI MEDIA KAMPANYE PENANGGULANGAN HIV / AIDS,” UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG, 2011.

A. K. Prihandayani, “Desain Visual Typografy pada Busana Casual T-Shirts dan Budaya Pop,” Pantun J. Ilm. Seni Budaya, vol. 1, pp. 12–23, 2021.

M. W. Setiawan and E. Rizkiantono, “Perancangan T-shirt Sebagai Suvenir Kota Surabaya,” J. SAINS DAN SENI ITS, vol. 5, no. 2, pp. 282–288, 2016.

P. Jayawardhana, “PERANCANGAN DESAIN KAOS TEMATIK SEBAGAI SOUVENIR KABUPATEN PAMEKASAN,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2018.

B. S. Andreas, A. Adib, A. T. Wahyudi, U. K. Petra, and J. Siwalankerto, “Perancangan T- shirt Untuk Memperkenalkan Kekayaan Alam Dan Kebudayaan Lokal Kota Banjarmasin Pendahuluan Pembahasan,” pp. 1–9.

Downloads

Published

2024-07-25