Optimalisasi Layanan Perpustakaan Chatbot Berbasis Artificial Intellegence
DOI:
https://doi.org/10.36423/index.v7i2.2355Keywords:
Artificial Intellgence, Chatbot, Perpustakaan, ADDIE, Software Quality AssuranceAbstract
Kebutuhan akan pelayanan informasi yang cepat, tepat, dan efisien menjadi semakin penting, termasuk dalam layanan perpustakaan. Namun, pelayanan perpustakaan secara tradisional selalu dihadapkan tenaga pustakawan dan keterbatasan waktu operasional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengajukan solusi melalui pengembangan chatbot berbasis kecerdasan buatan yang ditujukan untuk meningkatkan mutu layanan perpustakaan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk merancang dan mengimplementasikan layanan chatbot berbasis artifical intellegence yang dapat memberikan informasi perpustakaan secara otomatis, cepat, dan responsif kepada pengguna, kapan saja dan di mana saja. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil pengujian aplikasi menggunakan blackbox testing dan evaluasi GUI secara kuantitatif dengan metode SQA (Software Quality Assurance) menunjukan skor 80.4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan chatbot berbasis artifical intellegence pada layanan perpustakaan mampu meningkatkan mutu, efisiensi, serta kemudahan akses informasi, sekaligus menghadirkan pengalaman layanan yang lebih modern dan selaras dengan tuntutan era digital.
References
[1] Y. M, “Peran Artificial Intelligence (AI) sebagai Pendukung Otomatisasi Perpustakaan,” vol. 16, 2024.
[2] M. K. Setyawan Gabriella Patricia, Fendy, “Perpustakaan Di Era Digital: Menjaga Eksistensi Di Tengah Dominasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence),” J. Papyrus Sos. Humaniora, Perpust. dan Inf., vol. 4, no. 1, pp. 49–58, 2025.
[3] C. V. Hikmah Agung Baitul, Haerul Fatah, “Inovasi Teknologi Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Tunanetra,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 9, no. 2, pp. 97–103, 2024.
[4] M. F. Wajdi and M. I. Hajiri, “Tantangan Adaptasi Kecerdasan Buatan dalam Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi,” Tik Ilmeu J. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 8, no. 2, pp. 217–228, Dec. 2024.
[5] C. K. G. -, “Impact of Artificial Intelligence (AI) in Library Services,” Int. J. Multidiscip. Res., vol. 6, no. 3, pp. 1–13, 2024.
[6] Tupan, “Perkembangan Penelitian Penggunaan Artificial Intelligence di Perpustakaan Berbasis Data Scopus,” Media Pustak., vol. 31, no. 3, pp. 277–290, 2024.
[7] M. Atika and R. Sayekti, “Studi Literatur Review Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Artificial Intelligence (AI),” N. J. Ilmu Inf. dan Perpust., vol. 14, no. 1, pp. 39–52, 2023.
[8] M. Ayu Pratiwi, D. Syahbaniar, and A. Hanif Robbani, “WIDYA (Web Information Dialog Your Assistant): AI-Powered Chatbot for Library Online Service Innovation,” J. FPPTI, vol. 2, no. 2, pp. 42–52, 2024.
[9] F. Sentiana, M. B. Mustofa, and S. Wuryan, “Pemanfaatan artificial intelligence pada layanan informasi di perpustakaan,” Pustaka Karya J. Ilm. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 12, no. 2, pp. 247–258, 2024.
[10] M. Lena, N. P. Florensia, Y. Patimah, V. H. Pranatawijaya, and N. N. K. Sari, “Penerapan Teknologi Ai Dari Gemini Untuk Meningkatkan Layanan Peminjaman Buku Online Pada Aplikasi Cozybook,” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 3, pp. 1705–1712, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agung Baitul Hikmah, Haerul Fatah, Herlan Sutisna, Nur Fathul Alim Budiman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



